Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Mobil China BAIC Segera Diproduksi Lokal

Kompas.com - 31/03/2024, 15:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu merek China, PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) memastikan bahwa banderol produknya bersaing dengan mobil-mobil di kelasnya. Untuk itu strategi lokalisasi bakal diterapkan untuk menekan harga jual.

Chief Operating Officer (COO) PT JDI Dhani Yahya, mengatakan, bahwa mobil-mobil BAIC rencananya mulai diproduksi lokal pada tahun ini.

"Kalau kapan peralihan dari CBU ke CKD, kami rencana tahun ini akan CBU dulu, CKD kami mulai dalam 3 bulan, 4 bulan sudah ada uji coba (produksi)," ucap Dhani di Tangerang, belum lama ini.

Baca juga: Cara Aman Operasikan Mobil Matik CVT Saat Mudik Lebaran

Khusus untuk pasar Indonesia, BAIC akan memulai pemasarannya melalui dua model mobil ICE (Internal Combustion Engine), yaitu BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X55-II. BAIC BJ-40 PLUS merupakan kendaraan jenis SUV penggerak empat roda alias SUV 4X4, dengan model dan desain gagah yang identik dengan Jeep Wrangler.Dok. JDI Khusus untuk pasar Indonesia, BAIC akan memulai pemasarannya melalui dua model mobil ICE (Internal Combustion Engine), yaitu BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X55-II. BAIC BJ-40 PLUS merupakan kendaraan jenis SUV penggerak empat roda alias SUV 4X4, dengan model dan desain gagah yang identik dengan Jeep Wrangler.

Menurut Dhani, saat ini pihaknya tengah melakukan penjajakan dengan perusahaan manufaktur di Indonesia untuk memproduksi lokal mobil BAIC. Dua perusahaan yang telah dijajaki itu adalah PT Gaya Motor dan PT Handal Indonesia Motor (HIM).

Seperti diketahui, PT JDI akan memboyong dan memasarkan dua model pada tahap awal ekspansi BAIC di pasar Indonesia. Kedua model itu adalah BAIC BJ40 Plus dan SUV X55 II, lalu akan diikuti dengan mobil listrik pada tahun-tahun berikutnya.

“Jadi ini bertahap karena kendala di sini adalah setir kanan, dan mobil mereka kebanyakan setir kiri, perlu ada sedikit waktu untuk mengubahnya,” ujar Founder PT JDI Jerry Hermawan Lo.

Baca juga: Bus Baru PO Putra Pelangi, Pakai Sasis Tronton dan Kabin Mewah

Jerry mengatakan, kehadiran mobil BAIC di Indonesia diperkirakan akan dimulai pada pertengahan April 2024.

Setelahnya, mobil akan resmi diluncurkan pada Mei 2024 dan dipastikan akan ikut serta di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

“Semoga nanti dari BAIC bisa meramaikan otomotif di Indonesia karena harganya juga cukup murah, yang kualitasnya juga sangat baik,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com