Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Getaran Mesin Sampai ke Kabin Mobil, Pertanda Komponen Ini Rusak

Kompas.com - 31/03/2024, 10:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Saat mesin internal combustion engine (ICE) bekerja akan selalu menghasilkan getaran dampak dari proses ledakan.

Ledakan proses pembakaran akan terus terjadi selama mesin berputar sehingga akan menghasilkan getaran.

Maka dari itu tata letak mesin pada sebuah mobil membutuhkan teknologi khusus agar getaran mesin tidak sampai mengganggu pengendara.

Baca juga: Ketahui Usia Ideal Engine Mounting Mobil


Yanto, Mekanik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, ada beberapa tanda engine mounting sudah minta diganti baik dari yang dirasakan pengendara atau dari pemeriksaan secara visual.

Engine mounting sudah rusak bisa ditandai dengan getaran yang terasa dari dalam kabin, biasanya roda kemudi terasa bergetar ketika mesin berputar stasioner, itu tandanya getaran mesin sudah tidak teredam dengan baik,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Sabtu (30/3/2024).

Yanto mengatakan, ketika mesin bekerja pasti akan menimbulkan getaran. Bila tidak ada kerusakan pada engine mounting, maka getaran tersebut dapat teredam sehingga tidak akan terasa dari dalam kabin.

Baca juga: Ketahui Bahaya Engine Mounting yang Aus Tidak Segera Diganti

Engine mounting bertugas meredam getaran pada mesin sehingga tidak terasa di dalam kabinGridoto doc. Engine mounting bertugas meredam getaran pada mesin sehingga tidak terasa di dalam kabin

Yanto mengatakan, karena engine mounting sudah rusak, maka getaran pada saat mesin mengalami guncangan dari kinerja mesin itu sendiri akan terasa sampai dalam kabin.

“Bisa juga memeriksa dari kondisi fisiknya, biasanya terlihat ada retakan di bagian karetnya, bisa juga karet sudah turun, sehingga tidak mampu meredam dengan baik,” ucap Yanto.

Menurut Yanto engine mounting membuat mesin dan rangka mobil terpisah sehingga seakan-akan mengambang karena perannya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Bakar Koran di Kabin Mobil Bisa Hilangkan Bau Apak?

Mesin Suzuki XL7 Hybrid AlphaKompas.com/Donny Mesin Suzuki XL7 Hybrid Alpha

“Bahan engine mounting merupakan karet dengan tulang rangka dari logam, sementara itu ada ruang oli di tengahnya, sehingga seiring usia pemakaian mobil kekuatan karet akan berkurang dan membuat bagian logam bersentuhan dengan sasis,” ucap Yanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com