Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Bicara Soal Flexy Engine, Siap Buat Energi Terbarukan

Kompas.com - 30/03/2024, 13:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahan bakar alternatif yang dicampur dengan etanol mulai masuk di Indonesia. Misal seperti Pertamax Green 95 yang sudah mulai dijual di pasaran.

Kabarnya, akan hadir juga Pertamax Green 92 yang diduga bakal menggantikan Pertalite. Bahan bakar yang dicampur etanol ini tentunya membutuhkan mesin motor yang disesuaikan, biar tidak mengalami masalah.

Menanggapi hal tersebut, Executive Vice President PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya mengatakan, dengan adanya bahan bakar alternatif itu, tentu membutuhkan mesin baru yang juga sesuai.

Baca juga: Suku Cadang Ini Jadi Penyebab Bantingan Motor Keras

PT Pertamina (Persero) secara resmi mulai menjual Pertamax Green 95 pada 24 Juli 2023. KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY PT Pertamina (Persero) secara resmi mulai menjual Pertamax Green 95 pada 24 Juli 2023.

"Itu kan alternative energy yang lebih baik atau terbarukan. Kita melihat ini cara untuk mengurangi emisi, konsumsi BBM," kata Thomas kepada Kompas.com belum lama ini.

Sebenarnya Honda sudah punya motor yang bisa menggunakan BBM alternatif, seperti di India dan Brazil. Kalau di Indonesia sendiri, mesin motornya belum teruji apa sanggup menggunakan bahan bakar tersebut.

Baca juga: Baleno dan Wagon R Direcall di India, Bagaimana di Indonesia?


"Kita perlu uji, pelajari lebih lanjut. Misal kandungan etanol berapa besar, kita harus menyesuaikan dengan itu," ucap Thomas.

Selain itu, Thomas bilang perlu ada penyesuaian di beberapa spesifikasi mesin. Misal dari tangki BBM, sistem pembakaran, dan sebagainya, jadi tidak bisa sembarangan pakai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com