Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Baik, Berangkat Mudik Pagi atau Malam Hari?

Kompas.com - 30/03/2024, 10:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati momentum mudik Lebaran, masyarakat dianjurkan mulai bersiap. Penentuan waktu keberangkatan bisa jadi satu langkah persiapan yang sebaiknya dipertimbangkan.

Calon pemudik biasanya memiliki preferensi masing-masing, ada yang memilih berangkat saat pagi atau bahkan malam. Namun di antara keduanya, manakah waktu mudik Lebaran yang tepat?

Menjawab pertanyaan ini, Kabaminharwan Kamseltibcarlantas Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Ukke Adhan Handriawan menjelaskan, berangkat saat pagi jauh lebih baik jika dipertimbangkan secara logika.

Baca juga: Produsen Oli Ini Ajak Ratusan Pengendara Motor Kejar Kebaikan

Sejumlah kendaraan melintasi jalur Puncak di kawasan Puncak Pass, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (28/3/2024).KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintasi jalur Puncak di kawasan Puncak Pass, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (28/3/2024).

Kondisi pagi diklaim baik karena kondisi tubuh dinilai lebih optimal dan sesuai dengan aturan jam biologis. Selain itu, risiko kelelahan akibat jam tidur tidak sesuai juga bisa diminimalisir.

“Yang sering saya anjurkan adalah berangkat selepas Subuh dan mulai perjalanan. Ketika matahari sudah keluar, biasanya sudah bisa menempuh jarak sekitar 70 kilometer sampai 100 kilometer, setelah itu istirahat dulu,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/3/2024).

Poin keunggulan lain adalah jarak pandang lebih jelas dan tanpa gangguan ketika pagi. Pengemudi bisa lebih mawas dibandingkan saat berangkat malam.

Baca juga: Suzuki Indonesia Belum ada Mandat Recall Jimny Karena Fuel Pump

Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Semarang-Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (26/4/2023). Arus balik pada H+4 Lebaran dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta terpantau ramai lancar dengan pemberlakuan satu arah hingga pukul 24.00.Antara Foto/Harviyan Perdana Putra Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Semarang-Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (26/4/2023). Arus balik pada H+4 Lebaran dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta terpantau ramai lancar dengan pemberlakuan satu arah hingga pukul 24.00.

Namun Ukke mengatakan, berangkat malam juga bisa dijadikan anjuran di situasi-situasi tertentu. Misalnya untuk menghindari kemacetan panjang atau ada rekayasa lalu lintas mendadak saat pagi.

“Intinya sebelum berangkat, yang wajib diperhatikan adalah si sopir. Istirahatnya harus cukup, minimal tidur enam jam,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com