Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Motor Pakai Kereta buat Mudik, Ingat Tangki Bensin Harus Kosong

Kompas.com - 27/03/2024, 13:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak warga yang mengirim sepeda motor ke kota tujuan menggunakan kereta api untuk selanjutnya dipakai mudik ke kampung halaman. Perlu diketahui, mengirim motor pakai kereta ada ketentuannya.

Cara tersebut banyak dilakukan untuk mensiasati mudik lebaran. Sehingga, tidak perlu berangkat dari Jakarta ke kampung halaman menggunakan motor.

Pemilik motor bisa menggunakan bus atau kereta juga, baru kemudian mengambil motor yang dikirim di kota tujuan.

Baca juga: Berapa Tarif Kirim Motor ke Kampung Halaman Pakai Kereta?

Manager Public Relations KA Logistik Adjeng Putri Adhatu, mengatakan, untuk pengiriman motor, pelanggan dapat memperhatikan beberapa persiapan yang perlu dilakukan.

KA motis Lebaran 2023 di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/DOK PT KAI DAOP 5 PURWOKERTO KA motis Lebaran 2023 di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah.

"Pertama, mengosongkan tangki bahan bakar. Kedua, menyiapkan identitas diri dan STNK," ujar Adjeng, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Alasan tangki perlu dikosongkan adalah untuk menghindari terjadinya kebocoran bahan bakar ketika dilakukan pengangkutan maupun pengiriman.

Tidak perlu mengosongkannya dari rumah, karena petugas akan membantu melakukan pengosongan saat penyerahan motor.

Baca juga: Catat, Program Angkut Motor Gratis buat Mudik Pakai Kereta Api

Selain itu, disarankan juga untuk melepas spion agar tidak terjadi kerusakan. Spion dan helm bisa dimasukkan ke dalam bagasi atau bawah jok, bagi motor yang memiliki bagasi yang besar.

Ilustrasi Motis 2024.Kemenhub Ilustrasi Motis 2024.

"Ketiga, cek terlebih dahulu tarifnya melalui situs kalogistics.co.id atau aplikasi KAI Logistik TRAX," kata Adjeng.

"Untuk kemudahan dan kenyamanan, pelanggan bisa melakukan pemesanan dan penjemputan sepeda motornya di rumah melalui aplikasi KAI Logistik Trax," ujarnya.

Ilustrasi Motis 2024. DJKA Kemenhub menggelar Mudik Motor Gratis (Motis) 2024.Kemenhub Ilustrasi Motis 2024. DJKA Kemenhub menggelar Mudik Motor Gratis (Motis) 2024.

Adjeng menambahkan, pihak KA Logistik belum menyediakan asuransi. Namun, pelanggan dapat mengajukan klaim jika motor diterima dalam kondisi yang tidak sesuai dengan saat pengiriman, yang tertera pada lembar Check List.

"Pastikan untuk melakukan pemeriksaan motor saat diterima bersama petugas," ujar Adjeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com