Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudah Parkir Mobil secara Paralel

Kompas.com - 27/03/2024, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Parkir mobil secara paralel bukan hal mudah bagi sebagian orang. Bahkan tak jarang pengemudi pemula menghindari parkir dengan bentuk seperti ini.

Selain ruang parkir yang sempit, banyak pengendara mobil tidak tahu cara bermanuver tepat dan efisien untuk meluruskan mobil dengan barisan.

Berikut tips parkir mobil secara paralel dengan efisien.

Baca juga: Ingat, Saat Berburu Takjil Jangan Parkir Kendaraan Sembarangan

Sejumlah warga melintasi kantong parkir kantor Jasa Marga Cirebon Jumat, (15/3/2024). Jasa Marga Cirebon menjadikan halaman parkir kantornya sebagai titik utama terobosan Kawasan Rest Area Alternatif di Jalan Raya Ciperna, Kecamatan Talun, Kabupaten CirebonMUHAMAD SYAHRI ROMDHON/ Kompas.com Sejumlah warga melintasi kantong parkir kantor Jasa Marga Cirebon Jumat, (15/3/2024). Jasa Marga Cirebon menjadikan halaman parkir kantornya sebagai titik utama terobosan Kawasan Rest Area Alternatif di Jalan Raya Ciperna, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, pertama pengendara perlu memposisikan mobil sejajar dengan mobil lain tepat di depan atau belakang ruang parkir yang tersedia, dengan jarak setengah pintu terbuka atau sekitar satu meter di sebelahnya.

"Caranya, sejajarkan bumper belakang dengan bumper belakang mobil yang ada di sebelah kanan, sebelum bermanuver mundur untuk masuk ke ruang tersedia, pengendara bisa menyamakan posisi spion mobil kita dengan di sebelahnya untuk memastikan sejajar" ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Jalan Boulevard Kelapa Gading Sering Kebanjiran, Juru Parkir: Kalau Hujan Deras, Pasti Tergenang

Sederet mobil parkir memakan bahu jalan di Jalan Ciliman, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2023).KOMPAS.com/XENA OLIVIA Sederet mobil parkir memakan bahu jalan di Jalan Ciliman, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2023).

Langkah berikutnya, Marcell menambahkan, putar kemudi ke arah kanan. Kemudian, mundurkan mobil ke area parkir secara perlahan. Dengan kata lain, bagian belakang mobil bakal mundur ke arah kiri.

"Hentikan kendaraan saat bodi kanan mobil kita sejajar dengan lampu kanan mobil yang ada di belakang, pengendara bisa melihatnya di spion" kata Marcell.

Selanjutnya, luruskan setir dan mundur hingga pilar A sejajar dengan ujung bumper belakang kanan mobil depan.

Baca juga: Gelar Razia, Pemprov DKI Tertibkan PKL dan Parkir Liar di Trotoar


Kemudian, putar setir ke arah kiri dan mundurkan mobil hingga sejajar dengan mobil yang ada di depan dan belakang.

“Perhatikan jarak aman saat mundur dengan memperhatikan spion, atau kamera mundur bila tersedia,” ucap Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com