Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Toyota Agya, BBM Full Bisa sampai Mana?

Kompas.com - 27/03/2024, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Agya menjadi salah satu kendaraan yang diminati oleh konsumen Indonesia.

Bukan hanya dibekali desain yang lebih modern, melainkan juga memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Maka dari itu, low cost green car (LCGC) andalan Toyota ini juga bisa jadi kendaraan mudik.

Kompas.com akan membuat simulasi seberapa jauh Toyota Agya bisa melaju dalam kondisi satu tangki penuh. Menurut data spesifikasi, kembaran dari Daihatsu Ayla ini memiliki kapasitas tangki 33 liter.

Baca juga: Gresini Racing Siap Bangkit untuk MotoGP Amerika 2024

Untuk mendapat hasil seberapa Agya melaju, kapasitas tadi dikalikan dengan konsumsi BBM. Hasil konsumsi ini berdasarkan pengetesan yang sudah kami lakukan di rute jalan yang beragam.

Toyota AgyaKompas.com/Nanda Toyota Agya

Pengetesan itu menggunakan unit Toyota Agya tipe G mesin 1.200 cc dengan transmisi otomatis. Hasilnya, LCGC asal Jepang itu mencatatkan konsumsi bahan bakar 12,6 kilometer per liter (kpl). Artinya, satu liter BBM bisa membuat Agya berjalan sejauh 12,6 km.

Jadi kalau dikalikan dengan kapasitas tangki BBM Agya yang 33 liter, hasilnya adalah 415,8 km. Kalau diasumsikan dengan jarak tersebut, dalam satu kali pengisian penuh Agya bisa menempuh perjalanan hingga Jakarta-Pekalongan dengan jarak 367 km.

Baca juga: Gresini Racing Siap Bangkit untuk MotoGP Amerika 2024

Namun, perlu diperhatikan bahwa angka konsumsi BBM bisa saja berubah tergantung kondisi.

Berkaca dengan kebiasaan pemudik, mobil diisi penuh dengan penumpang dan barang. Artinya, bobot kendaraan jadi lebih berat, yang berakibat konsumsi BBM jadi lebih boros dari hasil pengetesan kami.

Apalagi saat mudik, ada saja kondisi jalanan yang macet, bahkan di tol sekalipun. Jadi konsumsi BBM hasil tes, bisa saja lebih rendah lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com