Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinales Ungkap Penyebab High Side sehingga Gagal Podium

Kompas.com - 26/03/2024, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Nasib apes menimpa pebalap Aprilia Maverick Vinales di MotoGP Portugal yang digelar akhir pekan lalu.

Pada putaran terakhir, Top Gun, julukan Vinales, mengalami masalah teknis, hingga menyebabkan dirinya terjatuh karena mengalami high side. Padahal, saat itu dirinya sedang berada di barisan depan, yakni posisi kedua, tepat di belakang Jorge Martin, pada final lap.

Usai balapan, Vinales menceritakan penyebab dirinya alami high side hingga harus kehilangan podium. Pebalap dengan nomor motor 12 itu menyebut, motor Aprilia RS-GP yang ditungganginya mengalami masalah teknis pada gear box.

Baca juga: Kurangnya Sopir Truk Berkompeten di Indonesia

“Saya mencoba memasukkan gigi enam, tetapi tidak masuk. Jadi motor masuk ke gigi netral dan saya menekan pembatas RPM. Saya mengangkat kaki agar Bastianini mengerti bahwa saya mempunyai masalah,” ucap Vinales, dikutip dari Crash, Senin (25/3/2024).

“Saya terus mencoba untuk masuk ke gigi enam tetapi tidak berhasil. Jadi saya kembali ke gigi dua (di tikungan 1) dan ketika saya menyentuh gas, masuk ke gigi dua, dan kemudian saya mengalami high side,” lanjut pebalap berusia 29 tahun itu.

Akibat insiden itu, Vinales harus rela kehilangan podium dan menyelesaikan balapan tanpa tambahan poin. Padahal, pada balapan sprint, Vinales menempati urutan pertama dan berhasil mengumpulkan 12 poin.

Meski kecewa dengan hasil yang diraihnya pada MotoGP Portugal, Vinales menganggap insiden tersebut sebagai pelajaran untuk tampil lebih baik di seri selanjutnya.

Baca juga: Catat, Program Angkut Motor Gratis buat Mudik Pakai Kereta Api

“Saya tidak akan mengatakan ini mengecewakan, namun saya akan mengatakan bahwa ini mungkin bisa menjadi perhatian untuk sedikit meningkatkan keandalannya,” kata Vinales.

“Saya sangat mendorong seluruh teknisi Aprilia untuk meningkatkan kemampuan di bidang itu. Saya pikir ini penting jika Anda ingin bertarung setiap akhir pekan, terutama untuk meraih kemenangan,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com