Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Putra Rafflesia Rilis Bus Baru Trayek Bandung - Bengkulu

Kompas.com - 24/03/2024, 18:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut lonjakan penumpang pada musim mudik Lebaran 2024, PO Putra Rafflesia meluncurkan unit baru untuk memperkuat divisi bus AKAP. Nantinya bus tersebut akan digunakan sebagai layanan rute Bandung - Jakarta - Bengkulu. 

Seperti sebelumnya, bus baru milik PO yang berasal dari Bengkulu tersebut menggunakan bodi bus Avante H8 Facelift rakitan Karoseri Tentrem. Kemudian untuk dapur pacu ditopang oleh sasis bus dari Mercedes Benz OH 1626 M/T Euro 3. 

Eksterior bus tidak alami banyak perubahan lantaran masih menggunakan jenis bodi yang sama.

Selain itu desain bus masih menggunakan DNA dari PO Putra Rafflesia yakni memakai kelir dasar putih. Kemudian area kaca spion tepatnya pada bagian fasia atau wajah bus dilabur oleh kelir ungu hingga atap bus.

Pada bodi samping bus juga dipercantik dengan ornamen bunga Raflesia berwarna pink yang menjadi logo khas Bengkulu. Sama seperti sebelumnya, bus masih menggunakan model double glass dengan kaca spion tanduk di bagian kanan dan kiri. 

Baca juga: Pedagang Sebut Alphard Bekas Laris Jelang Lebaran dan Natal

Bus baru PO Putra RafflesiaInstagram @tentrembusofficial Bus baru PO Putra Rafflesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Tentrem Sejahtera (@tentrembusofficial)

 

Baca juga: 400.000 Kendaraan Bakal Nyebrang ke Sumatera Saat Mudik Lebaran

Untuk bagian interior, kursi penumpang hadir berwarna merah menggunakan kain beludru. Adapun konfigurasi kursi tersebut terdiri dari kanan dua dan kiri dua.

Susunan bangku penumpang pada bus ini berada di level atau dek yang lebih tinggi dari area pengemudi atau kru bus. Agar penumpang lebih nyaman, kabin bus juga dilengkapi dengan toilet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com