Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Chery Belum Tertarik Bawa PHEV ke Indonesia Tahun Ini

Kompas.com - 23/03/2024, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Indonesia memastikan akan memperkenalkan produk kendaraan listrik baru berteknologi Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) tahun ini.

Kendaraan rendah emisi tersebut merupakan satu bagian dari 4-5 mobil baru yang hendak diluncurkan perusahaan. Mobil itu rencananya baru dibawa pada semester II/2024.

Head of Marketing CSI Rifkie Setiawan menjelaskan rencana peluncuran PHEV itu sejalan dengan perkembangan pasar elektrifikasi di Tanah Air. Di mana, 75 persennya merupakan mobil hybrid (data 2023).

Baca juga: Chery Indonesia Pastikan Jaecoo 7 Tidak Meluncur Tahun Ini

Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) listrik ringkas bertambah dengan hadirnya BYD Atto 3. Mobil lima penumpang itu menjadi lawan Chery Omoda E5 dan MG4 EV.
Foto: BYD Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) listrik ringkas bertambah dengan hadirnya BYD Atto 3. Mobil lima penumpang itu menjadi lawan Chery Omoda E5 dan MG4 EV.

"Pastinya semua merek melirik segmen hybrid karena bisa dilihat market untuk energi baru tebarukan, 60 persen lebih masih didominasi jenis itu. Jadi kami juga consider ya," kata dia di Tangerang, Jumat (22/3/2024).

"Kita punya PHEV, mungkin nanti ke depan kita rencanakan," lanjutnya.

Beberapa produk hybrid Chery yang dipasarkan di pasar global ialah Tiggo 7 Pro Hybrid dan Tiggo 8 Pro Hybrid. Sementara untuk PHEV ada Tiggo 7 Pro e+ dan Tiggo 8 Pro e+.

"Rencana kita ada (peluncuran PHEV), tetapi untuk pastinya kapan, kita belum dapat approval dari headquarter (HQ). Jadi bisa aja mundur, kita belum tau (kepastiannya)," lanjut Rifkie.

Baca juga: Mobil Terjebak Banjir, Begini Cara Aman Melewatinya

Pabrik Chery Intelligent Connected Mega Factory, di Wuhu, China.Foto: Chery Pabrik Chery Intelligent Connected Mega Factory, di Wuhu, China.

Hal serupa juga pernah diungkapkan Executive Vice President CSI Qu Jizong, di mana pihak Chery Indonesia total akan membawa 4-5 produk baru untuk pasar nasional.

Beberapa di antaranya, sudah dibawa ke pameran IIMS 2024 lalu, yaitu Tiggo 5X dan Tiggo 8 Pro Max. Sisanya, masih bersifat rahasia karena saat ini sedang disiapkan.

"Akhir tahun ini kami punya dua produk baru, salah satunya PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle)," kata dia beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com