Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Fitur Canggih, Mazda CX-3 Pro

Kompas.com - 23/03/2024, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tampilan eksterior dan interior, kini saatnya tim redaksi membahas soal fitur yang ada pada Mazda CX-3 Pro.

Mobil ini dibekali dengan sejumlah teknologi canggih yang diperuntukkan untuk kemudahan pengemudi saat berkendara. Tak hanya itu, pada sektor entertainment, Mazda CX-3 Pro juga dibekali fitur yang cukup modern.

Sport utility vehicle (SUV) ringkas lima penumpang ini dibekali layar head unit berukuran 8 inci yang ditunjang Mazda Connect dengan enam speaker. Head unit tersebut juga sudah terintegrasi dengan bluetooth serta integrasi Smartphone.

Baca juga: Tampilan Nissan Kicks Terbaru Berubah Total, Lebih Futuristik

Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan wireless charging. Sehingga pengemudi bisa dengan mudah melakukan pengisian daya untuk handphone saat berkendara.

Pengemudi juga dapat mengoperasikan head unit dengan mudah, baik saat mengganti saluran audio, atau menaikan dan menurunkan volume, melalui setir dan kenop yang ada di konsol tengah.

Bicara soal fitur unggulan, Mazda CX-30 sudah dilengkapi dengan fitur i-Stop (idling stop system) yang akan bekerja ketika mobil berhenti. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengemudi tinggal menginjak rem, kemudian mesin akan mati, dan akan kembali menyala ketika pedal rem dilepas.

Interior Mazda CX-3 ProKompas.com Interior Mazda CX-3 Pro

SUV asal pabrikan Jepang ini juga sudah dibekali dengan fitur cruise control. Redaksi sempat mencoba fitur ini saat berkendara di jalan tol. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, tim redaksi lebih dulu memacu kendaraan di atas 40 Km per jam (kpj).

Setelah memacu kendaraan pada kecepatan yang diinginkan, selanjutnya tekan tombol mode, kemudian tekan tombol SET untuk mengunci kecepatan konstan sesuai keinginan. Setelah itu, fitur cruise control sudah benar-benar bekerja.

Sementara untuk menonaktifkan fitur tersebut terdapat dua cara, yakni dengan menginjak pedal rem atau menekan tombol Cancel di setir.

Selanjutnya, Mazda CX-3 Pro juga sudah dibekali dengan Head-Up Display (HUD), berupa panel transparan di dasbor yang menampilkan informasi seperti kecepatan. Sehingga pengemudi bisa fokus melihat ke jalan raya dan tidak perlu melirik panel instrumen lagi.

Mazda CX-3 ProKompas.com Mazda CX-3 Pro

Adapun dari segi keamanan dan keselamatan, Mazda CX-3 Pro sudah dibekali dengan fitur i-ActivSense, di dalamnya terdapat Antilock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD), and Brake Assist (BA).

Baca juga: Ini Penyebab Laju Mobil Tidak Stabil

Selain itu ada juga fitur keamanan lain seperti Dynamic Stability Control (DSC) and Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS), G-Vectoring Control (GVC), Rear parking sensors Corner & Center dan Rear View Monitor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com