Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ecto-1, Mobil Cadillac Klasik di Film Ghostbusters

Kompas.com - 18/03/2024, 13:07 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber The Drive


JAKARTA, KOMPAS.com - Film Ghostbusters: Frozen Empire akan menjadi film terbaru dari waralaba Ghostbusters yang akan tayang pada 20 Maret 2024 di Indonesia.

Film garapan Sony Pictures Entertainment ini akan kembali menceritakan mengenai kelompok pemburu hantu. Namun selain jalur cerita, film Ghostbusters menjadi menarik sebab ada mobil ikonik yaitu Ecto-1.

Baca juga: Bastianini Yakin KTM Jadi Lawan Terkuat Ducati Musim Ini

Untuk penggemar film Ghostbusters pasti tahu dengan Ecto-1. Mobil yang dipakai tim saat mendapat panggilan untuk memburu hantu. Mobil warna putih ini menarik sebab merupakan mobil klasik.

Ghostbusters Ecto-1austincarmuseum.org Ghostbusters Ecto-1

Ecto-1 pertama kali digunakan di film Ghostbusters tahun 1984 dan kemudian di film-film waralaba lain mulai Ghostbusters II (1989), Ghostbusters (2016), Ghostbusters: Afterlife (2021), dan Ghostbusters: Frozen Empire (2024).

Desain Ecto-1 merupakan karya Steven Dane yang dipekerjakan sebagai Hardware Consultant di film tersebut. Untuk kepentingan film, mobil mendapat beberapa ubahan termasuk perbaikan suspensi dan shock serta rem.

Baca juga: Apparel Berkendara Premium yang Punya Harga Terjangkau

Fitur-fiturnya termasuk rak tarik khusus yang memanfaatkan milik ambulans tua di bagian belakang. Ada pula berbagai peralatan yang dipasang di bagian atas, yang fungsinya tidak pernah terungkap di film-film.

Dilansir dari thedrive, Ecto-1 memakai basis Cadillac Miller-Meteor Sentinel tahun 1959. Mobil ini merupakan sedan bergaya limusin konversi ambulans.

Ghostbusters Ecto-1austincarmuseum.org Ghostbusters Ecto-1

Baca juga: Biaya Servis Kia EV9 GT-Line Hingga 100.000 Km, Per Bulan Rp 131.000

Cadillac Miller-Meteor Sentinel sendiri merupakan mobil yang sangat langka. Cadillac disebut hanya memproduksinya sekitar 400 unit. Mesinnya V8 6,3 liter, menghasilkan 320 tenaga kuda.

Meski di atas kertas mesin bongsor tersebut sangat bertenaga nyatanya saat dipakai di Cadillac Miller-Meteor Sentinel jadi biasa saja sebab bobot mobil ini disebut mencapai 3 ton.

Dengan panjang hampir 20 kaki, Cadillac Miller-Meteor adalah mobil yang berat dan sulit dikendalikan, meskipun bantingannya mulus berkat sistem suspensi udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com