Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkendara Saat Puasa Rawan Ngantuk, Perhatikan Pola Tidur

Kompas.com - 12/03/2024, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini seluruh umat Islam sedang melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan. Puasa tidak menjadi halangan untuk manusia tetap melakukan aktivitas dan rutinitas harian.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan bagi orang yang berpuasa dan tetap menjalankan rutinitas seperti biasa, termasuk mengemudi dengan baik menggunakan roda empat atau roda dua.

Dokter Rumah Sakit Moh Hoesin Palembang Daniel Bramantyo menjelaskan, saat menjalankan ibadah puasa ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Baca juga: Bolehkah Menambah Langsung Minyak Rem Mobil yang Kurang?

“Kalau kebanyakan karbohidrat pas sahur, akan lebih mudah mengantuk di siang hari karena glukosanya cukup tinggi. Jadi kalau mau jaga kondisi selama puasa, konsumsi makanan yang serat tinggi dan protein lebih disarankan untuk aktivitas sehari-hari,” ucap Daniel, kepada Kompas.com, Selasa (12/3/2024).

Ilustrasi berkendara safety ridingDok. YIMM Ilustrasi berkendara safety riding

Selain itu, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah istirahat cukup dengan mengatur jam tidur dan sahur yang baik.

“Kalau selama puasa atur juga jam tidurnya, tidur lebih cepat. Waktu tidur itu kan yang normal 6-8 jam, jadi kalau sahur jam 4 pagi ya otomatis istirahat yang biasanya jam 10 atau jam 11, dimajukan jam 9 malam udah istirahat,” kata Daniel.

Baca juga: Ketahui Tanda Minyak Rem Mobil Harus Segera Diganti

Kenali juga jam lalu lintas yang sibuk di bulan Ramadhan, baik di pagi hari ataupun sore hari. Ini berguna agar tidak kelelahan mengemudi saat berpuasa yang bisa berlanjut menjadi rasa kantuk yang hebat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com