Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Bikin Airbag Pengendara Motor, Jadi Makin Canggih

Kompas.com - 07/03/2024, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan sepeda motor asal Jepang Honda terus serius menggarap airbag buat pengendara. Kali ini dibuat gambar paten lebih detail terkait kelengkapan keselamatan tersebut.

Dikutip dari Cycle World, Honda sedang mengembangkan teknologi airbag pengendara motor. Tujuannya adalah agar saat terjadi kecelakaan, risiko cedera bisa berkurang drastis, tanpa mengubah kebiasaan dari pengendara.

Saat ini memang sudah ada jaket motor yang dilengkapi dengan airbag. Cuma, apa yang dikembangkan Honda ini berbeda, konsepnya ingin seperti di mobil, jadi terpasang di motor, tepatnya bagian belakang tangki.

Baca juga: Airbag Tanpa Sabuk Pengaman Sama Juga Bohong

Bentuk paten airbag Honda Cycleworld Bentuk paten airbag Honda

Sebelumnya Honda memang sudah menyematkan airbag seperti di mobil untuk model Gold Wing lansiran 2007. Cuma, airbag itu hanya efektif digunakan di Gold Wing, tidak bisa buat motor lain.

Sedangkan yang dikembangkan Honda saat ini modelnya dipasang ke tangki tapi bisa menyelimuti pengendara saat mengembang dan lepas dari motor. Pada gambar paten kali ini dibuat lebih detail kalau akhirnya bakal jadi diproduksi di masa depan.

Bedanya dari airbag biasa bisa dilihat dari bentuknya yang seperti huruf W. Bagian luarnya melebar sampai ke bagian bawah tangan dan melindungi dada, jadi seperti jaket keselamatan atau pelampung.

Baca juga: Pulang dari Australia, Jokowi Bawa Oleh-oleh Pengembangan EV Bersama

Kemudian setelah melindungi tubuh pengendara, airbag tadi tetap mengembang dan terlepas dari motor. Berbeda dengan airbag di mobil yang langsung kempis setelah mengembang saat terjadi tabrakan.

Memang ini masih gambar paten, cuma harus dipikirkan desain yang simpel biar mudah diaplikasikan. Selain itu juga soal operasional, harus tetap bisa diandalkan walau setelah bertahun-tahun motor dipakai tidak pernah kecelakaan.

Perlu dipahami kalau ini masih paten soal teknis. Jadi tidak bisa diprediksi kapan teknologi seperti ini hadir di motor produksi massal.

Kalau benar akan terwujud, tentu teknologi ini sejalan dengan tujuan besar Honda yakni menghapus fatalitas yang terjadi saat kecelakaan motor atau mobil. Jadi mari kita tunggu saja akan seperti apa nantinya peranti keselamatan dari Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com