Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Desain New Honda City dan All New Vios

Kompas.com - 06/03/2024, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sedan memang tidak besar sebab masyarakat Indonesia lebih memilih MPV dan SUV. Meski demikian sejumlah pabrikan tetap bertahan dan menyediakan line up lengkap dari sedan murah sampai premium.

Salah satu pemain sedan murah ialah Honda New City dan All New Toyota Vios. Keduanya memang bersaing sejak lama, New City lahir pada 2023 dengan upgrade Honda Sensing sedangkan Vios generasi anyar datang pada akhir 2022.

Baca juga: Daftar Harga LSUV Bekas per Maret 2024, Terios mulai Rp 114 Jutaan

Lantas, kalau keduanya disandingkan, desain mana yang lebih menarik untuk dipinang?

New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda SensingFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda Sensing

Desain All New Vios mirip-mirip dengan dua saudarannya yaitu Altis dan Camry. Dapat dilihat desainnya lebih modern sekaligus sporty tidak tampak kaku seperti sebelumnya.

Tampang mobil yang menyipit dengan beberapa aksen piano black di bawahnya berpadu dengan grill berbentuk trapezoidal ekstra di bawah lapu utama mendominasi bagian wajah Vios.

Lekukan tubuh Vios juga tampak kokoh dan aerodinamis. Sedangkan di bagian samping, lekukan garis tajam membuat mobil semakin terlihat lebih maskulin.

Baca juga: Harga SUV Bekas per Maret 2024, X-Trail mulai Rp 115 Jutaan

Kaki-kaki didukung dengan pelek 17 inci, dengan desain yang cukup futuristik. Pada bagian buritan, fastback style dengan jendela melandai di pilar C, membuat mobil ini terlihat lebih mewah.

Lampu belakang menggunakan LED L-shape lengkap dengan diffuser dan aksen lubang udara.

Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).dok.TAM Toyota Vios Generasi keempat resmi hadir di Indonesia, Rabu (12/10/2022).

Adapun desain New City sedan yang kini dibekali Honda Sensing tidak berbeda jauh dengan City sedan lawas. Ubahannya hanya terletak pada bentuk bumper depan belakang yang lebih sporty.

Baca juga: Desain Honda New City Sedan, Upgrade Ringan Bikin Tambah Sporty

Ubahan ringan ini memang disengaja Honda, bukan karena kapasitasnya "cuma facelift" tapi memang sekadar penyempurnaan bentuk New City sedan yang tampak lebih anggun ketimbang generasi sebelumnya.

Impresi New City sedan ialah tampilan yang lebih elegan. Cukup serupa dengan City hatchback RS, tapi ada sentuhan khusus disempatkan. Terutama pada penggunaan lis krom yang cukup banyak daripada hitam dengan garis merah seperti pada model hatchback.

Penggunaan lis krom mengentalkan aura elegan dan menipiskan kesan sporty. Konsep ini sebetulnya meminjam sudaranya yang berada di kelas paling atas yaitu Accord meski di Accord pakai varian RS.

New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda SensingFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda Sensing

Baca juga: Periklindo Sebut Motor Listrik Bisa Diangkut Kargo untuk Perjalanan Jauh

Lalu pada bagian moncongnya, berbentuk seperti tameng yang dipadu dengan lampu utama LED multireflektor ditambah foglamp berbentuk bulat dan kecil. Dibanding generasi sebelumnya tampak semakin modern.

Pada bagian samping, tidak banyak lekukan yang terlihat. Beda antara City sedan dengan City hatchback terletak di pilar C yang landai karena ada bagasi yang terpisah dengan kursi penumpang baris kedua.

Di buritan belakang, lampu New City sedan sama seperti sebelumnya berubah jadi 3D, layaknya sedan mewah. Masuk ke bagian kabin, seluruh panel yang disematkan serba hitam dan dipadukan dengan lis krom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com