Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Bintang Zahira Rilis 2 Unit Bus Baru, Pakai Sasis Hino

Kompas.com - 06/03/2024, 13:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Bintang Zahira merilis dua bus baru dengan desain yang berbeda dari bus sebelumnya.

Kali ini bus tampil lebih atraktif dengan corak livery yang ramai namun menggunakan komposi warna tepat sehingga tidak terlihat berlebihan.

Kedua bus hadir dengan warna yang berbeda, masing-masing dengan kelir biru dan merah maroon. Namun kedua bus ini sama-sama ditopang oleh sasis Hino Bus RM 280 ABS dengan balutan bodi Skylander R22 dari karoseri New Armada.

Bus tersebut nantinya akan digunakan sebagai transportasi dari Makassar ke Malili dengan kelas super eksekutif yang punya sembilan kursi single dan 16 kursi double. 

Santiko Wardoyo, COO – Director PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, PO Bus di Sulsel membutuhkan mesin yang bertenaga dan sasis yang kokoh karena harus melewati medan jalan yang lebih menantang.

"Untuk itu, Hino Bus RM 280 hadir dengan mesin yang bertenaga ditambah lagi dengan sistem air suspension yang menambah kenyamanan bus, dimana ini sangat diutamakan oleh para pengusaha bus disini bagi kenyamanan penumpangnya selama perjalanan," kata Santiko pada keterangan resmi, Rabu (6/3/2024). 

Baca juga: Alasan Polisi Kerap Sobek Sepatbor Karet Truk

Hino serah terima bus baru PO Bintang ZahiraHino Hino serah terima bus baru PO Bintang Zahira

Hino Bus RM 280 turut dilengkapi dengan Hino Connect yang merupakan layanan telematik bagi konsumen untuk memonitor operasional kendaraannya.

Fitur di dalam Hino Connect terdapat Route Analyze dan Geo Fence yang dapat menentukan area operasional dan analisa rute armada, sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien.

Baca juga: Modifikasi BMW R 1300 GS Buat Trek Aspal, Jadi Diet Total

Keuntungan lainnya yang membantu bisnis konsumen lebih baik adalah kemudahaan manajemen pengemudi, dimana Hino Connect memiliki fitur untuk Driver Assignment dan Score Card pengemudi yang membuat kendaraan aman dan operasional lancar.

Fitur ini dapat melihat perilaku pengemudi dalam berkendara sehingga menurunkan resiko kecelakaan dan melindungi asset milik pelanggan.

“Tidak hanya bus berkualitas, kami turut berkomitmen untuk memberikan layanan after sales terbaik bagi para pelanggan bus di Sulawesi Selatan," kata Santiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com