Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sedang Mempertimbangkan Bikin bZ4X GR Sport

Kompas.com - 05/03/2024, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota bZ4X jadi salah satu mobil listrik Toyota yang ada di pasar saat ini. Kabarnya, Toyota akan menambah variannya dengan versi yang lebih sporty.

Mobil ini bersaing di segmen yang sama dengan Hyundai Ioniq 5. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut sudah membuat versi yang lebih sporty dari Ioniq 5 dengan adanya Ioniq 5 N.

Baca juga: Toyota Tegaskan Recall bZ4X Tidak Ada Hubungannya dengan Masalah Lain

Dikutip dari Carbuzz.com, Selasa (5/3/2024), disebutkan bahwa Toyota sedang mengembangkan varian terbaru dari bZ4X. Varian ini akan dibuat lebih sporty dengan emblem Gazoo Racing (GR) dan fokus untuk performa off-road.

Toyota bZ4X dikabarkan akan hadir versi GR SportDok. Carbuzz.com Toyota bZ4X dikabarkan akan hadir versi GR Sport

Konfirmasi ini datang dari Masaya Uchiyama, Chief Engineer Toyota untuk bZ4X. Masaya mengatakan, tiga turunan bZ4X yang potensial, yakni varian yang lebih murah, GR hot hatch, dan GR Sport dengan kemampuan off-road yang lebih baik.

Namun, dari ketiganya, Uchiyama lebih memilih yang terakhir, mengutip peningkatan pada Hilux GR Sport yang dijual di Australia.

Baca juga: Semua Toyota bZ4X yang Kena Recall Wajib Datang ke Bengkel

"Saya suka dengan performa off-road. Ini adalah salah satu pilihan untuk memiliki bZ4X berperforma tinggi. Mungkin akan menjadi bZ4X GR S seperti Hilux GR Sport. Kami sedang mempelajari model ini, tetapi saya tidak bisa mengatakan kapan atau bagaimana sekarang," ujar Uchiyama.

Toyota bZ4X dikabarkan akan hadir versi GR SportDok. Carbuzz.com Toyota bZ4X dikabarkan akan hadir versi GR Sport

Hilux GR Sport tidak memiliki peningkatan yang lengkap untuk dianggap sebagai mobil off-road. Namun, Hilux memiliki mesin yang sedikit lebih bertenaga, sasis yang disempurnakan, dan pembaruan kosmetik lainnya.

Sementara bZ4X, tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan lebih banyak tenaga kuda listrik. Khususnya, setelah melihat saudaranya yang lebih mewah, Lexus RZ, memiliki tenaga hingga 308 Tk.

Baca juga: Cara Unik Komunitas Toyota Land Cruiser Lantik Kepengurusan Baru

Mobil listrik Toyota bZ4X. Kompas.com/Sendy Mobil listrik Toyota bZ4X.

Selain itu, Lexus juga dikabarkan sedang menyiapkan model RZ F yang lebih bertenaga dan akan segera hadir. Tentunya ini membuktikan bahwa platform e-TNGA dapat meningkat lebih banyak lagi.

Uchiyama juga cukup percaya diri dengan kemampuan bZ4X. Dia bahkan menyebut bahwa bZ4X adalah off-roader yang lebih baik daripada Land Cruiser dalam beberapa hal, karena memiliki pengiriman torsi yang instan.

"Pada medan off-road sedang, Anda dapat merasakan ketenangan pikiran yang lebih baik daripada Prado, mudah dikendarai," kata Uchiyama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com