Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Menyimpan Harapan Besar pada XForce

Kompas.com - 27/02/2024, 13:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Harapan akan selalu ada, bak setetes embun di padang gersang yang mampu menawarkan kesejukan. Kata mutiara itu cocok menggambarkan situasi dimana PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyimpan ambisi pada Mitsubishi XForce.

Ya, bagaimana tidak Mitsubishi Motors Corporation (MMC) telah menyimpan kepercayaan kepada Mitsubishi Indonesia untuk memproduksi SUV ringkas itu di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Bukan untuk pasar domestik saja, XForce juga disiapkan untuk kebutuhan ekspor ke sejumlah negara di ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika. Alhasil, tugas SUV ringkas ini begitu berat.

Baca juga: Tuas Transmisi L100 EV Mirip Mobil Konvensional, Ini Penjelasan Mitsubishi

Akan tetapi, berkat keunggulan yang dimiliki menjadikan XForce berhasil diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Terbukti sejak pertama diluncurkan pada Oktober 2023 sudah terjual secara wholesales sebanyak 2.723 unit.

Rinciannya, XForce Ultimate telah dikirimkan ke diler sebanyak 2.574 unit, sedangkan varian Exceed sebanyak 149 unit.

Mitsubishi XForce di IIMS 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Mitsubishi XForce di IIMS 2024

Seiring berjalannya waktu, jenama asal Jepang ini pun berharap model tersebut dapat membantu penjualan ke depannya yang mana kondisi pasar otomotif di Indonesia semakin ketat, apalagi XForce berada di segmen SUV ringkat yang rivalnya begitu banyak.

Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan, kehadiran XForce akan memberikan definisi baru pada segmen compact SUV di Indonesia yang sejalan dengan preferensi beragam konsumen yang menyiratkan kebutuhan akan mobil yang mengakomodasi sisi futuristic, prestigious, dan comfort, ditunjang oleh layanan purnajual dalam tingkatan optimal.

Baca juga: Jumlah Pengunjung IIMS 2024 Meningkat 20 Persen

“XForce hadir di pasar populer yang telah diisi banyak merek dengan berbagai teknologi, model dan fitur yang ditawarkan kepada masyarakat. Maka dari itu, XForce harus menjadi Game Changer, seperti layaknya Xpander di tahun 2017 saat memasuki pasar Small MPV di Indonesia yang juga sangat populer saat itu,” ujar Kurita belum lama ini di Jakarta.

Director of Sales & Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro pernah mengatakan kepada Kompas.com, XForce ini bisa membantu mendongkrak penjualan Mitsubishi di Indonesia di masa mendatang. Rasa optimistis itu dilihat dari berbagai penerimaan masyarakat dan juga fitur yang disediakan untuk konsumen.

Mitsubishi XForce mulai diekspor ke VietnamMMKSI Mitsubishi XForce mulai diekspor ke Vietnam

“Saya rasa penerimaan konsumen terhadap XForce sangat bagus, hal itu yang menjadikan MMKSI optimistis kalau SUV ringkas ini bisa berkontribusi positif terhadap penjualan secara keseluruhan Mitsubishi di Indonesia,” tutur Irwan beberapa waktu lalu.

Apalagi menurut Irwan segmen SUV ringkas pasarnya begitu besar. Pencapaian tahun lalu berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk total penjualan mobil baru mencapai 1.005.802 unit.

Berdasarkan jumlah tersebut, sebanyak 59.721 unit atau sekitar 5,9 persennya merupakan SUV B segmen atau berjuluk SUV ringkas. Artinya, semakin banyaknya model SUV ringkas yang masuk pasar di sepanjang 2023 sukses merangsang daya beli masyarakat meskipun penjualan mobil nasional sedang dalam kondisi penurunan.

Fitur unggulan

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

Tentunya penerimaan positif konsumen didukung oleh penyematan beragam fitur. XForce ini secara desain mengusung konsep silky dan solid; identitas desain New Generation Dynamic Shield; Futuristic T-Shape Headlight; Stylish Rear Combination Lights; dipadukan dengan ban 18 inci menghasilkan profil kuat dari autentik SUV.

Begitu juga Interior yang dibuat lebih kekinian dengan nuansa yang modern. Dilengkapi dengan horizontal axis instrument panel dengan mélange dan mocha interior; floating console; dan ambient lighting.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com