Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik China Makin Ramai, Ini Kata Hyundai

Kompas.com - 24/02/2024, 13:02 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Persaingan mobil listrik di Indonesia makin ketat setelah merek asal China berbondong-bondong masuk Indonesia. Awalnya hanya Wuling dan DFSK, tapi kini sudah ada MG, Chery, sampai BYD.

Menghadapi kompetisi yang makin ramai, Hyundai sebagai salah satu merek yang pertama memasarkan mobil listrik di Tanah Air tak ambil pusing.

Budi Nur Mukmin, Chief Marketing Officer PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, kehadiran beragam merek asal China bakal meningkatkan pasar mobil listrik.

Baca juga: Begini Cara Menyalakan Mesin Mobil yang Pakai Fitur Start Stop

Promo Wuling Motors di IIMS 2024Wuling Promo Wuling Motors di IIMS 2024

“Kita mungkin melihat dari sisi positif, sebenarnya dampak positifnya banyak, nomor satu pasar akan membesar,” ujar Budi, kepada Kompas.com (21/2/2024).

“Selama ini konsumen banyak yang ragu membeli EV, tapi dengan adanya berbagai pilihan konsumen, membuat market jadi lebih besar,” kata dia.

Kemudian, dengan kehadiran beberapa merek baru di pasar mobil listrik, tentunya akan semakin banyak pihak yang melakukan edukasi ke masyarakat.

Baca juga: Motor Listrik Moto-E R1 1 Jajal Sentul, Kecepatan Tembus 150 Kpj

"Karena sebelumnya kan pemainnya terbatas. Jadi yang mengedukasi Hyundai, kami yang berjuang mengedukasi dan meyakinkan masyarakat untuk membeli mobil listrik. Tapi dengan begitu banyaknya merek, akan semakin banyak lagi yang mengedukasi ke market,” ucap Budi.

Selain pasar yang membesar, lalu pemahaman masyarakat yang semakin baik, ekosistem kendaraan listrik juga bakal semakin banyak.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Suzuki Ertiga Hybrid Cruise di IIMS 2024 [Video]

“Seperti charging station, karena selama ini yang investasi di charging station kan Hyundai. Kami punya lebih dari 200 charging station. Kami berharap dengan kehadiran banyak merek, mereka juga mau membangun ekosistemnya,” kata Budi.

Hyundai Kona Electric generasi kedua melantai di IIMS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyundai Kona Electric generasi kedua melantai di IIMS 2024

“Jadi market makin besar, konsumen makin percaya diri, dan ekosistem EV juga semakjn besar. Sebenarnya ini akan berdampak positif ke masyarakat,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com