Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang dari Tiga Dekade, BYD Sudah Jadi Pemimpin Industri Global

Kompas.com - 22/02/2024, 18:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia otomotif global saat ini sudah memasuki era kendaraan elektrifikasi atau mobil listrik. Salah satu pabrikan otomotif yang diperhitungkan adalah Build Your Dreams (BYD). Hanya butuh waktu kurang dari tiga dekade, BYD sudah menjadi pemimpin industri global.

Berbasis di Shenzhen, Guangdong, China, BYD telah melakukan investasi besar selama 30 tahun untuk melakukan riset dan pengembangan. Pabrikan asal China ini memiliki visi mendinginkan bumi sebesar 1 derajat Celcius.

Baca juga: Dapat Insentif Mobil Listrik Impor, BYD Belum Mau Revisi Harga

Saat ini, BYD telah menjadi pemimpin dalam industri global dengan mengembangkan produk berteknologi renewable energy dan telah menjadi produsen New Energy Vehicle (NEV) terbesar di dunia. Hingga saat ini BYD telah menjual lebih dari enam juta unit NEV.

Sedan listrik BYD Seal dikerubuti pengunjung IIMS 2024Kompas.com/Donny Sedan listrik BYD Seal dikerubuti pengunjung IIMS 2024

Untuk memperluas jangkauannya, BYD juga hadir di Indonesia melalui PT BYD Indonesia Motor. Perkenalan pertamanya dengan publik dilakukan dengan berpartisipasi pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pada IIMS 2024, BYD memajang tiga model andalannya, yakni Dolphin, Atto 3, dan Seal. Selain itu, dipamerkan juga satu model dari anak perusahaannya, yakni Denza D9.

Baca juga: Bangun Pabrik di Indonesia, BYD Gandeng Banyak Perusahaan Lokal

Jacob Ma, Head of Training BYD Asia-Pacific, Assistant President Director, PT BYD Motor Indonesia, mengatakan, BYD berdiri pada tahun 1995 sebagai perusahaan baterai, dengan rumah yang disewa sebagai kantor dan hanya terdiri dari 20 orang.

Antrean pengunjung IIMS 2024 yang ingin melihat lebih dekat MPV listrik Denza D9 di booth BYDKompas.com/Donny Antrean pengunjung IIMS 2024 yang ingin melihat lebih dekat MPV listrik Denza D9 di booth BYD

"Namun, setelah tiga tahun, kami mendirikan cabang di Eropa, dua tahun kemudian kami bekerja sama dengan dua raksasa selular dunia, dan pada tahun 2003 kami membuat mobil kami sendiri," ujar Jacob, dalam keterangan resminya, Kamis (22/2/2024).

"Dalam kurun waktu 12 tahun, BYD sudah memiliki kantor pusat. Di tahun 2023 ini, BYD menjadi produsen EV terbesar di dunia. Ini adalah 20 tahun yang sangat pendek untuk berkembang sepesat ini dan merupakan sebuah kebanggaan BYD telah mencapai hal tersebut,” kata Jacob.

BYD hadir pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024Dok. BYD BYD hadir pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024

Sejak awal berdiri, BYD dikenal sebagai salah satu pemeran utama dalam industri baterai. Keunggulan BYD dalam teknologi baterai telah terbukti melalui berbagai kemitraan strategis yang dimulai pada tahun 2000 dengan merek-merek terkemuka di industri telekomunikasi.

Tahun 2003, BYD membeli perusahaan negara agar mempunyai lisensi untuk membuat mobil dan memulai produksi mobil konvensional pada tahun 2010.

Pada tahun 2008, BYD membuat mobil bertenaga hybrid pertama di dunia yang bernama f3dm. Kata dm merupakan singkatan dari dual mode EV atau hybrid.

Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing.KOMPAS.com/Azwar F Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing.

Dengan fokus awal pada produksi baterai, BYD kemudian berkembang menjadi produsen mobil listrik dan komponen kendaraan elektrik yang inovatif.

Teknologi yang diciptakan BYD beragam dan salah satunya yang saat ini menjadi andalan adalah Blade Battery yang diciptakan pada tahun 2020. Teknologi baterai tersebut disematkan di setiap kendaraan listrik BYD.

Selain itu, terdapat e-platform yang diciptakan pada tahun 2021 yang fenomenal menjadikan ruang mesin menjadi lebih efisien dari segi ruang dan keamanan. Kemudian, ada juga sistem mesin eight in one powertrain yang sangat canggih.

Kontribusi lini bisnis BYD melalui produksi NEV saat ini telah menempatkan BYD sebagai perusahaan pertama di dunia yang menyediakan solusi untuk seluruh rantai industri kendaraan listrik.

Booth BYD pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024Kompas.com/Donny Booth BYD pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com