Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Manjur Bikin Skor Mengemudi di Mitsubishi XForce Tinggi

Kompas.com - 22/02/2024, 07:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi memperkenalkan XForce di Indonesia sejak pertengahan tahun lalu, tepatnya pada ajang GIIAS 2023.

Bahkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, XForce juga turut hadir dan memeriahkan acara ini.

Baca juga: Katros Garage Jualan Motor Custom, Dibanderol Rp 20 Jutaan

Menyoal harga, XForce terdiri atas dua varian, yaitu XForce Ultimate 1.5 L 4X2 CVT dibanderol Rp 412,9 juta, dan XForce Exceed 1.5L 4x2 CVT yang dijual dengan harga Rp 379 juta.

XForce masuk dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV) yang dilengkapi dengan fitur canggih, salah satunya Driving Score. Fitur Driving Score cukup unik, karena akan memberi penilaian kepada pengemudi Mitsubishi XForce.

Mitsubishi XForce di IIMS 2024MMKSI Mitsubishi XForce di IIMS 2024

Driving Score ini dikembangkan oleh Hiroshi Muraoka, pembalap legendaris Mitsubishi Motors yang berkecimpung di balap Rally Dakar.

Fitur Compact SUV baru tersebut, diharap bisa memberikan kesenangan dan keamanan terhadap gaya mengemudi.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia mengatakan, terdapat tips untuk meningkatkan Driving Score pada fitur XForce ini.

Baca juga: Katros Garage Jualan Motor Custom, Dibanderol Rp 20 Jutaan

“Mengenai driving score, tips dari saya super simple, less angle more speed. Jadi setiring sesedikit mungkin akan membawa kecepatan. Kalau kita nyetir lebih sedikit kita harus positioning mobil in sebaik mungkin di tikungan karena less angle itu akan memberikan kenyamanan buat penumpang di dalam,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Rifat juga mengatakan, mengenai gas di mana variabelnya gas, rem, dan steering karena di situ yang paling dinikmati dan dirasakan penumpang.

Mitsubishi XForce di IIMS 2024MMKSI Mitsubishi XForce di IIMS 2024

“Karena banyak kita engga pernah sadar pas mainin gas. Sebenarnya kunci utama dari semuanya adalah reduction. Karena mobil itu pasti bisa disetir, tapi ada throttle control, dari situ kita harus tahu kapan angkat gas, kapan menekan pedal gas,” ucapnya.

Selain itu, Rifat mengatakan, banyak yang salah masuk di gas di tengah tikungan diangkat kemudian diangkat lagi. Throttle control adalah yang paling utama.

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division MMKSI mengatakan, Driving Score dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya akselerasi.

Driving score, penilaiannya didasarkan pada akselerasi, jarak tempuh, dan cara menggunakan palang kemudi. Kombinasi itu yang jadi nilai,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com