Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Amfibi Raksasa Milik TNI, Jadi Pusat Perhatian di IIMS 2024

Kompas.com - 18/02/2024, 17:51 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, ada kendaraan raksasa milik TNI Angkatan Darat (AD) yang banyak mencuri perhatian para pengunjung.

Terletak di area outdoor hall A JIExpo Kemayoran, Jakarta, kendaraan dengan nama Amphibious M3I itu tampil mencolok lantaran beda dari kendaraan lainnya. 

Bahkan, Dyandra Promosindo sebagai pihak penyelanggara IIMS 2024 menyebut kendaraan ini sebagai 'Special Guest Car'. 

Sersan Kepala Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 9 Kostrad, Afrianus Susanto Oi mengatakan, kendaraan ini yang bisa mengapung di air dan berjalan di daratan. Maka dari itu, ini merupakan jenis kendaraan amfibi

"Bagian atap kendaraan ini bisa dibuka tutup. Fungsinya bisa jadi jembatan atau kapal untuk mengangkut muatan," katanya kepada kepada Kompas.com di IIMS 2024, Minggu (16/2/2024).

M3I Amphibious di IIMS 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI M3I Amphibious di IIMS 2024

Afrianus mengatakan, kendaraan ini merupakan buatan Jerman yang saat ini merupakan salah satu aset milik Yonzipur 9 Kostrad Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat.

Adapun perjalanan dari Bandung ke Jakarta untuk mejeng di IIMS 2024, Amphibious M3I melintasi jalan seperti biasanya, bahkan jalan tol.

Kendaraan ini beroperasi dengan sistem mengemudi roda empat yang punya kecepatan maksimum 80 km/jam di daratan. Kemudian kecepatan di air adalah 14 km/jam. 

"Kendaraan ini punya berat 28 ton dengan panjang 13,03 m dan lebar 3,35m saat bagian sisisnya tertutup. Namun saat bagian sisinya terbuka, lebar kendaraan menjadi 6,57 m. Meski berukuran raksasa, kapasitas personil adalah 2-3 orang saja," kata Afrianus. 

Afrianus mengatakan, sangat senang kendaraan ini bisa disambut dengan baik oleh para pengujung pameran. Bahkan, sejak hari pertama IIMS 2024 dimulai, banyak keluarga yang membawa turut serta anaknya untuk berfoto. 

"Sangat senang sekali banyak pengunjung yang antusias dengan mengabadikan foto bersama  Amphibious M3I," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com