Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Prius Hybrid Bakal Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 16/02/2024, 15:32 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota terus memperbanyak lini kendaraan elektrifikasi, salah satu yang terbaru ialah meluncurkan Toyota All New Vellfire Hybrid di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Ke depan Toyota juga akan meluncurkan Prius Hybrid atau Prius Series Parallel Hybrid (HEV). Peluncuran mobil modern crossover itu diharapkan berlangsung tahun ini namun detailnya masih menunggu kepastian.

Baca juga: Mini Clubman Final Edition Hanya Tersedia 50 Unit, Sisa 10 Unit

"Ya masih dalam persiapan launching-nya. Mudah-mudahan kita juga bisa luncurkan di Indonesia," ujar Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

prius clear giias 2023 002KOMPAS.com/DAAFA prius clear giias 2023 002

Rencana Toyota untuk membawa Prius Hybrid sebetulnya sudah diungapkan sejak Agustus tahun lalu saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

"Masih banyak persiapan, karena kalau kita luncurkan suatu produk kita harus melihat banyak hal mulai dari sumbernya, orangnya, kemudian homologasi juga," ujar Anton.

"Banyak yang kami lakukan menunggu kesiapan selesai kemudian akan kami luncurkan. Mudah-mudahan tahun ini," kata Anton.

Baca juga: Ini Bedanya Toyota Vellfire Hybrid dengan Alphard Hybrid

prius clear giias 2023 004KOMPAS.com/DAAFA prius clear giias 2023 004

Satu hal yang menarik, Prius Hybrid yang nanti akan hadir di Indonesia disinyalir mengusung spesifikasi serupa dengan versi Jepang.

Toyota Prius HEV versi Jepang memiliki tiga varian dengan dua pilihan mesin, yakni 1.8L dan 2.0L. Mobil hibrida generasi kelima dengan tenaga maksimum sebesar 144.000 watt atau 196 PS, angka ini 1,6 kali lebih tinggi dari model sebelumnya.

Efisiensi bahan bakarnya diklaim sangat meningkat ketimbang sebelumnya. Prius 2.0 L mengalami peningkatan efisiensi sebesar 28,6 kpl, sedangkan Prius 1.8 liter mencapai 32,6 kpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com