Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Beli Helm Motor, Ini Tips Merawatnya Supaya Tidak Cepat Rusak

Kompas.com - 10/02/2024, 13:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Khusus bagi konsumen yang baru saja membeli helm motor, ada tips perawatan menarik, mudah, dan bermanfaat untuk dicoba.

Tips ini dibagikan oleh Agus Hermawan, Owner dari Juragan Helm saat berbincang dengan Kompas.com, belum lama ini. Jika tips ini dilakukan dengan benar, akan ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan.

“Kalau baru beli helm, kita bisa memperkuat lapisan coating di shell (bagian luar) helm. Bisa dilakukan sendiri di rumah,” ucapnya.

Untuk melakukan tips ini pengguna hanya membutuhkan tiga alat saja, yakni kain microfiber, alkohol medis atau minyak kayu putih, dan lilin atau wax mobil.

Baca juga: Banyak Kasus Anak Kecil Naik Motor, Polisi Tegur Para Orang Tua

Baru Beli Helm Motor, Ini Tips Merawatnya Supaya Tidak Cepat RusakKompas.com/Daafa Alhaqqy Baru Beli Helm Motor, Ini Tips Merawatnya Supaya Tidak Cepat Rusak

Pertama-tama, bersihkan dulu permukaan helm dengan microfiber yang sudah dibasahi alkohol atau minyak kayu putih. Tahapan ini akan mengangkat kotoran atau sisa-sisa cat hasil produksi dari pabrik.

Setelah helm bersih, diamkan dulu sejenak hingga kering dan dilanjutkan dengan memberikan lapisan polishing wax alias poles mobil.

Agus menjelaskan, polishing wax memiliki efek melindungi dan memunculkan kilap pada helm. Manfaat yang terasa adalah goresan-goresan halus bisa dicegah.

“Pakai polishing wax bisa dua atau tiga lapis, tapi enggak perlu banyak-banyak. Kalau pengaplikasiannya rapih, shell bakal tambah kuat,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com