Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Arus Lalu Lintas Tol Cipali Naik 40 Persen

Kompas.com - 09/02/2024, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) mencatat arus lalu lintas di ruas tol Cikopo-Palimanan atau Cipali, Jawa Barat meningkat hingga 40 persen pada libur panjang Isra Miraj dan Imlek yang dimulai Kamis, 8 Februari 2024.

Pada periode tersebut, dilaporkan terdapat 71.171 unit kendaraan yang melintas. Jumlah tersebut meningkat hampir setengahnya dibanding lalu lintas harian normal.

"Pada momentum libur panjang akhir pekan ini total 71.171 kendaraan yang melintasi Jalan Tol Cipali," kata Sri Mulyo, Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, dalam keterangannya, Kamis (8/2/2024).

Baca juga: Libur Isra Miraj dan Imlek, Ratusan Ribu Kendaraan Telah Keluar dari Jabotabek

Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah tersendat di Kilometer 188 - 189 perbatasan tol Cipali ke Pallikanci, pada Rabu (28/6/2023). Antrean ini disebabkan karena tiga buah unit kendaraan pribadi mengalami tabrakan beruntun. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah tersendat di Kilometer 188 - 189 perbatasan tol Cipali ke Pallikanci, pada Rabu (28/6/2023). Antrean ini disebabkan karena tiga buah unit kendaraan pribadi mengalami tabrakan beruntun. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
 

Dia menyebutkan, melihat perkembangan arus lalu lintas di lapangan, Astra Tol Cipali berkoordinasi dengan Korlantas Polri terkait dengan tindakan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas contraflow yang sebelumnya direncanakan pada 7 Februari 2024 pukul 16.00 WIB hingga 24.00 WIB diputuskan ditunda, karena arus lalu lintas terpantau ramai lancar.

Pada Kamis pagi, kondisi arus lalu lintas ramai lancar. Kemudian menjelang siang hari, terjadi kepadatan di Km 156 arah Cirebon akibat adanya kendaraan yang mengalami gangguan.

Atas gangguan arus lalu lintas itu, petugas Astra Tol Cipali bersama PJR kemudian mengevakuasi kendaraan dengan menggunakan alat crane pada pukul 12.39 WIB.

 Baca juga: Rutinitas buat Jaga Performa Mesin Skutik, Bukan Cuma Ganti Oli

Sebagai upaya mengurai kepadatan, perusahaan lantas menerapkan contraflow pada Km 152-169 arah Cirebon pada pukul 09.40 WIB. Lalu diperpanjang hingga Km 169 pada pukul 10.05 WIB.

"Sementara setelah dilakukan penerapan contraflow, arus lalu lintas terpantau ramai lancar," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com