Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Targetkan Tambah Jumlah SPKLU dan Layanan Home Charging pada 2024

Kompas.com - 08/02/2024, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana menambah jumlah dan lokasi persebaran stasiun kendaraan listrik umum (SPKLU) sepanjang 2024.

Penambahan ini ditujukan untuk mempermudah konsumen pengguna kendaraan listrik, sekaligus mempersiapkan ekosistem lebih lanjut untuk program elektrifikasi nasional.

Daniel Lestanto, Vice President Pengelolaan Pemasaran PT PLN (Persero), menjelaskan, pihaknya menargetkan pembangunan ratusan unit SPKLU baru di tahun ini. Persebarannya juga akan diperluas, khususnya wilayah padat penduduk.

“Tahun ini kami punya program membangun ratusan unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum di lebih banyak lokasi. Nanti akan kami buatkan juga peta persebarannya,” ucapnya kepada awak media di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Baca juga: Bukan Cuma Motor Petualang, Honda Juga Siapkan Scrambler 350cc

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN dengan tipe ultra fast charging 200 kWedij@nw@ri Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN dengan tipe ultra fast charging 200 kW

Dia mengatakan, kesulitan pengguna kendaraan listrik untuk melakukan isi daya adalah satu kendala utama yang hendak diselesaikan secepat mungkin oleh PLN.

“Sejauh ini kekhawatiran orang-orang (konsumen) itu masih banyak bingung soal pengisian daya. Jadi nanti (SPKLU) akan kami tambah, supaya lebih mudah,” kata dia.

Selain itu, pihak PLN juga akan menggencarkan program kemitraan yang terbuka bagi semua pihak, dalam hal pembangunan SPKLU baru dan penyediaan fasilitas home charging.

Baca juga: Rutinitas buat Jaga Performa Mesin Skutik, Bukan Cuma Ganti Oli

Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik Shell, sudah mendukung fast charging DC CCS-2Kompas.com/Daafa Alhaqqy Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik Shell, sudah mendukung fast charging DC CCS-2

Berdasarkan data terbaru, PLN sudah memiliki 1.117 SPKLU yang tersebar di 427 lokasi. Angka itu diharapkan bisa bertambah dalam waktu dekat pada 2024.

“Sejauh ini kami sudah ada 1.117 SPKLU, 624 itu milik PLN, sedangkan sisanya dibangun oleh jaringan kemitraan. Kami targetkan jumlahnya bertambah tahun ini,” kata Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com