Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Road Trip Saat Liburan Imlek, Waspadai Curah Hujan Tinggi

Kompas.com - 08/02/2024, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan pertama Februari 2024, masyarakat akan dimanjakan dengan akhir pekan panjang pada Kamis (8/2/2024) hingga Minggu (11/2/2024), bertepatan dengan libur nasional Isra Mikraj dan Imlek.

Akhir pekan panjang selama empat hari ini tentu bisa jadi momen menarik untuk melakukan liburan panjang dan menghabiskan waktu dengan keluarga.

Sebagai persiapan jelang liburan, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan kondisi cuaca. Curah hujan tinggi diprediksi akan terjadi di banyak titik selama satu pekan ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, akan terjadi fenomena monsun asia yang mempengaruhi potensi pembentukan hujan di Indonesia.

Baca juga: Cara Benar Mengendarai Mobil Matik di Jalan Menurun

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh BMKG (@infobmkg)

Berdasarkan kondisi fenomena monsun asia, waspada potensi hujan sedang-lebat di sejumlah wilayah,” imbau BMKG melalui akun instagram resmi @infoBMKG, dikutip Kompas.com Kamis (8/2/2024)

Melalui keterangan BMKG, disebutkan jika potensi curah hujan tinggi akan terjadi di lima wilayah utama, yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Supaya perjalanan liburan berjalan lancar, ada baiknya jika pelancong melakukan beberapa persiapan untuk kendaraan, baik itu pemeriksaan kondisi mesin atau ketebalan ban.

Jika menjumpai hujan di tengah perjalanan, kecepatan juga sebaiknya diturunkan di angka 50 kpj sampai 60 kpj, untuk menghindari risiko terjadinya aquaplaning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com