Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Avanza Lawas Masih Laris Manis di Bursa Mobil Bekas

Kompas.com - 07/02/2024, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil sejuta umat, Toyota Avanza tak cuma laris di segmen mobil baru tapi juga bekas. Menariknya di segmen mobil bekas Avanza lawas disebut lebih laris ketimbang Avanza model baru.

Asep dari KT88Cars, showroom mobil bekas di Mega Glogok Kemayoran (MGK), mengatakan, saat ini konsumen lebih banyak mencari Avanza lawas transmisi manual.

Baca juga: Update Harga Ban Motor pada Februari 2024

"Avanza yang dicari banyak 2013 manual, tahun tua. Soalnya pastinya harga juga dia sudah lebih murah," ujar Asep kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Toyota Avanza tipe G bekas Golden Bird dilego Rp 152 jutaKompas.com/Fathan Toyota Avanza tipe G bekas Golden Bird dilego Rp 152 juta

Selain model tahun 2013, Avanza yang lebih lawas sampai tahun 2009 juga masih banyak peminat.

"Laris semua tipe, dari S, E, G, Veloz," katanya.

Asep berspekulasi Avanza lawas dengan kisaran umur 10 tahun masih dicari sebab desainnya masih bisa diterima, harganya sudah murah dan paling penting masih berpenggarak roda belakang (rear wheel drive/RWD).

Baca juga: Dua Mobil Baru Hyundai Siap Meluncur di IIMS 2024

Andi, pemilik showroom mobil bekas Jordy Motor yang berlokasi di MGK Kemayoran, mengatakan hal serupa, Avanza penggerak belakang jadi daya tarik sendiri.

Toyota Avanza VelozDok. Gaya Berkendara Toyota Avanza Veloz

“Setahu saya karena Avanza lama masih penggerak roda belakang dan Avanza model baru berpenggerak roda depan. Kalau rewel lebih kepada pemilik, apakah merawat mobilnya dengan baik atau tidak,” kata Andi.

Baca juga: Honda Luncurkan CB300F Flex Fuel, Bisa Diisi Etanol 85 Persen

Seperti diketahui, mobil dengan penggerak roda depan atau FWD kerap dianggap memiliki kelemahan saat menanjak. Hal ini lantaran tumpuan mobil terpusat pada ban bagian belakang dampak dari gaya gravitasi bumi.

Kendati demikian, FWD memiliki keunggulan lain salah satunya lebih efisien dibandingkan mobil berpenggerak roda belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com