Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Perkenalkan Truk Listrik untuk Jalur Perkotaan

Kompas.com - 06/02/2024, 20:25 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam era elektrifikasi ini, kendaraan niaga juga bersiap untuk meluncurkan truk berbasis listrik. Misalnya seperti Volvo Trucks yang pada 2024 ini kembali memperkenalkan truk listrik.

Berbeda dari sebelumnya yang hadir dengan model trailer, kali ini calon truk listrik Volvo yang baru hadir dengan model heavy duty yang khusus dikembangkan untuk transportasi di wilayah perkotaan.

Truk yang diberi nama Volvo FM Low Entry ini lebih kecil dari sebelumnya, dan difokuskan untuk transportasi kota yang lebih bersih, di Gothenburg, Swedia, Rabu (31/1/24).

Selain itu, ini menjadi produk truk listrik pertama yang dibangun khusus untuk powertrain listrik. Maka dari itu, truk Volvo FM Low Entry ini tidak ada varian truk konvensional. 

President Volvo Truck, Roger Alm mengatakan, truk tanpa emisi ini cocok untuk transportasi kota dan dirancang dengan mempertimbangkan pengemudi. Maka dari itu truk ini diklaim lebih bertenaga, namun mulus dikendarai dan mudah bermanuver.

"Volvo FM Low Entry yang baru sangat sejalan dengan ambisi kami memperluas penawaran kendaraan listrik kami, sehingga memungkinkan lebih banyak pelanggan mengurangi emisi karbon mereka,” kata Roger dikutip dari keterangan resmi, Selasa (6/2/2024). 

Baca juga: Innova Diesel Lawas Masih Dicari Konsumen, Segini Harganya

Melihat dari fotonyaVolvo FM Low Entry ini dirancang agar menjadi kendaraan serbaguna sehingga baknya dapat diganti untuk menyesuaikan kebutuhan entah untuk pengelolaan limbah, distribusi, dan konstruksi.

Selain itu, Roger juga menjelaskan posisi ruang kemudi yang rendah membuat pengemudi punya visibilitas dan kontrol yang baik terhadap lingkungan sekitar.

Truk Volvo FM Low Entry ini akan dijual di Eropa, Turki dan Korea Selatan pada pada kuartal pertama 2024, dan awal produksi pada kuartal kedua 2024.

 

Truk Listrik VolvoVolvo Truk Listrik Volvo

Baca juga: Airlangga Ingin RI Jadi Basis Produksi EV ASEAN-Australia

Calon truk listrik barunya ini membuat Volvo kini memiliki total delapan model truk listrik dalam jajaran produknya.

Pada 2019 Volvo Trucks menjadi pabrikan global pertama yang memulai produksi seri truk listrik berat, dan perusahaan menargetkan 50 persen penjualan global truk Volvo baru menjadi truk listrik pada tahun 2030.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com