Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Konsumsi Listrik Neta V Hanya Rp 290.000 Per Bulan

Kompas.com - 06/02/2024, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia saat ini semakin pesat, menyusul dengan banyaknya program akselerasi yang dilakukan pemerintah seperti insentif, pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya.

Maka dari itu, tak heran jika banyak merek mobil yang mulai memperkenalkan produk elektrifikasi di Tanah Air. Mulai dari hyrbid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) hingga mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV).

Selain karena teknologinya yang ramah lingkungan, mobil listrik juga menawarkan berbagai fitur pintar dan canggih yang memberikan pengalaman berkendara semakin futuristik dan mengesankan.

Baca juga: Innova Diesel Lawas Masih Dicari Konsumen, Segini Harganya

Meski demikian, saat ini masih banyak masyarakat yang ragu untuk beralih ke kendaraan listrik karena mengkhawatirkan biaya konsumsi listrik, perawatan berkala serta harga baterai yang dianggap sangat mahal jika perlu penggantian.

Melihat kekhawatiran tersebut, PT Neta Auto Indonesia, distributor resmi kendaraan listrik Neta, memberikan gambaran biaya konsumsi kendaraan listrik Neta V, serta manfaat lebih lainnya untuk menunjukan bahwa mobil listrik bisa menjadi pilihan ekonomis jika dibandingkan mobil konvensional.

Neta VPT NETA Auto Indonesia Neta V

"Dengan gambaran akumulasi biaya konsumsi listrik yang kami tunjukkan, kami ingin membuktikan bahwa memiliki mobil listrik Neta V bukan hanya pilihan ramah lingkungan, tetapi juga value for money untuk jangka panjang,” ujar Jordy Angkawidjaja, Product Planning Manager PT Neta Auto Indonesia, dalam keterangan resmi, Selasa (6/2/2024).

Sebagai informasi, Neta V memiliki kapasitas daya sebesar 40,7 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 401 Km dalam sekali pengisian. Untuk pengisian daya penuh melalui SPKLU, Neta V hanya memerlukan biaya dengan kisaran mulai dari Rp 70.000.

Jika biaya konsumsi listrik Neta V diakumulasi hingga menempuh 20.000 km per tahun, Neta V hanya memerlukan biaya konsumsi listrik kisaran Rp 3.500.000 per tahun atau sekitar Rp 290.000 per bulan.

Baca juga: Rins Sebut Sasis dan Mesin Yamaha Mirip Suzuki, tapi Pengereman Beda

Perbandingan ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan mobil konvensional di mana pada kelas small SUV, memerlukan biaya bahan bakar mulai dari Rp 26.000.000 per tahun atau sekitar Rp 2.200.000 per bulan. Dengan kata lain, Neta V bisa menghemat biaya hingga 87 persen dari segi bahan bakar.

Neta V memiliki fitur DC Fast Charging yang mampu mengisi daya 30 persen ke 80 persen hanya dalam waktu 30 menit. Namun, bagi pemilik yang ingin melakukan pengecesan di rumah bisa menginstalasi wall charger dengan kapasitas listrik minimal sebesar 7700 VA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com