Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Motor Beraksi Cornering, Malah Adu Banteng dengan Bus

Kompas.com - 30/01/2024, 16:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan pengendara sepeda motor berboncengan mengalami kecelakaan di jalan menikung.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, Selasa (30/1/2024), terlihat pengendara motor berboncengan menikung dengan kecepatan tinggi, hingga keluar jalur dan menabrak bus yang melaju dari lawan arah.

Kejadian seperti ini cukup sering terjadi buat pengendara motor. Di mana pengendara motor keluar jalur saat sedang menikung dan akhirnya mengalami kecelakaan.

Baca juga: Jelang Peluncuran Varian Hybrid, Stok Xpander Bekas Diklaim Menipis

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara motor dalam video tersebut jelas melakukan kesalahan, lantaran menikung dengan kecepatan tinggi dan keluar dari jalur sehingga menabrak bus yang berlawanan arah.

“Sebaiknya jika kita akan masuk ke tikungan pada jalan raya seharusnya mengurangi kecepatan agar motor kita tidak keluar jalur,” ucap Agus, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/1/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Agus memberikan tips kepada pengendara motor bagaimana cara aman saat melewati jalan menikung.

“Pertama kurangi kecepatan sepeda motor dengan menggunakan kedua rem secara bersamaan kemudian pindahkan perseneling gigi ke gigi rendah,” kata Agus.

Baca juga: Buat Para Pemilik, Begini Cara Cek Toyota bZ4X Kena Recall atau Tidak

Selanjutnya, kedua pandangan mata pengendara harus melihat arah yang dituju agar bisa mengantisipasi potensi bahaya yang berada di depan jalan yang akan dilalui.

“Ketiga jangan melakukan tindakan yang spontan atau tiba saat motor dalam kondisi miring, gunakan rem belakang untuk mengontrol kecepatan sepeda motor, lalu terakhir tambah kecepatan setelah keluar tikungan,” ujar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com