Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Lalu, Provinsi Jatim Jadi Penyumbang Kecelakaan Tertinggi

Kompas.com - 29/01/2024, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jawa Timur kembali menjadi Provinsi dengan jumlah kecelakaan lalu lintas terbanyak di Indonesia periode 22-28 Januari 2024.

Pada periode tersebut, Provinsi Jatim tercatat menyumbang 504 kasus kecelakaan. Jumlah tersebut lebih dari sepertiga dari total kasus kecelakaan nasional sebanyak 1.918 kasus.

Jika dikomparasi dengan data pada pekan-pekan sebelumnya di Januari 2024, Provinsi Jatim juga selalu konsisten menduduki posisi jumlah kecelakaan tertinggi.

Rekap catatannya juga fluktuatif namun masih konsisten, yakni sebanyak 540 kasus pada tanggal 1-7, 498 kasus pada tanggal 8-14, dan 508 kasus pada tanggal 15-21.

Baca juga: Pekan Lalu Terjadi 1.918 Kasus Kecelakaan di Indonesia, Remaja Masih Mendominasi

Ilustrasi kecelakaan, ilustrasi tabrakanSHUTTERSTOCK Ilustrasi kecelakaan, ilustrasi tabrakan

Setelah Jatim, Provinsi kedua dengan catatan kecelakaan lalu lintas tinggi pada pekan lalu adalah Jawa Tengah, jumlahnya 365 kasus.

Kawasan Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi) menyusul di posisi ketiga dengan jumlah 120 kasus, disusul Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah 106 kasus.

Adapun Provinsi dengan catatan kecelakaan terendah pada pekan lalu adalah Kalimantan Utara dengan jumlah 2 kasus, disusul Maluku Utara dengan jumlah 3 kasus, dan Bangka Belitung dengan jumlah 5 kasus.

Untuk diketahui, ada beberapa faktor utama yang bisa mempengaruhi tingginya angka kecelakaan di suatu Provinsi, contohnya seperti kondisi jalan dan cuaca, kepadatan lalu lintas, dan populasi kendaraan di wilayah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com