Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Xpander HEV Meluncur 1 Februari | Rekayasa Lalin di Sawangan Depok | Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matik

Kompas.com - 27/01/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motor Thailand akan segera meluncurkan Xpander versi elektrifikasi. Peluncurannya diumumkan akan dilakukan pada 1 Februari 2024. Selain berita tersebut, banyak juga pembaca yang ingin mengetahui tentang rekayasa lalu lintas yang diterapkan di Sawangan Depok.

Tak ketinggalan, berita yang banyak dibaca lainnya adalah seputar perawatan mobil, yakni kesalahan yang sering dilakukan pengemudi mobil matik. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (26/1/2024):

1. Mitsubishi Xpander HEV Siap Meluncur 1 Februari 2024

Mitsubishi Xpander 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander 2023

Mitsubishi Motor Thailand resmi mengumumkan tanggal peluncuran dari Xpander HEV. Mobil ini akan memulai debut di Thailand pada 1 Februari 2024 mendatang. Informasi ini diketahui melalui unggahan Facebook Mitsubishi Motor Thailand pada Kamis (25/1/2024).

Dalam narasi unggahan tersebut dijelaskan bahwa peluncuran akan disiarkan melalui akun YouTube Mitsubishi Motor Thailand pada 1 Februari 2024, pukul 9.30 am waktu Thailand.

Baca juga: Mitsubishi Xpander HEV Siap Meluncur 1 Februari 2024

2. Pemerintah Diminta Hati-hati Menaikkan Pajak Kendaraan

Ilustrasi kemacetan. 
Warta Kota/adhy kelana Ilustrasi kemacetan.

Toyota Indonesia meminta pemerintah untuk berhati-hati dalam mengambil kebijakan untuk menaikkan pajak pada kendaraan bermotor, apapun teknologi yang digunakannya.

Pasalnya, harga merupakan suatu aspek yang sangat sensitif di pasar. Sementara dalam satu dekade terakhir, sektor otomotif nasional masih stagnan dengan total penjualan tidak melebihi 1,2 juta unit.

Baca juga: Pemerintah Diminta Hati-hati Menaikkan Pajak Kendaraan

3. Mulai Hari Ini Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Raya Sawangan Depok

Ilustrasi rekayasa lalu lintas di Jalan Pakubuwono VI, Jakarta SelatanDok. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Ilustrasi rekayasa lalu lintas di Jalan Pakubuwono VI, Jakarta Selatan

Satlantas Polres Metro Depok memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup di Jalan Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Rekayasa lalu lintas itu akan diberlakukan pada 26-30 Januari 2024. Adapun informasi ini diumumkan melalui akun Instagram @lantasrestrodepok, Kamis (25/1/2025).

Baca juga: Mulai Hari Ini Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Raya Sawangan Depok

4. Penjualan Kendaraan Listrik Rendah, Greenflation Jauh dari Indonesia

Wuling Air ev di GIIAS 2023KOMPAS.com/STANLY RAVEL Wuling Air ev di GIIAS 2023

Ancaman mengenai greenflation atau inflasi yang disebabkan kenaikan harga barang dan jasa sebagai konsekuensi dari transisi perekonomian konvensional ke ramah lingkungan disebut belum akan terjadi di Indonesia.

“Greenflation adalah kenaikan harga barang sebagai konsekuensi peningkatan permintaan produk ramah lingkungan,” ujar Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Ahmad Heri Firdaus di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Penjualan Kendaraan Listrik Rendah, Greenflation Jauh dari Indonesia

5. Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matik

Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT

Mobil matik banyak diminati oleh masyarakat berkat kemudahannya dalam pengoperasian. Tidak lagi diperlukan memindahkan percepatan secara manual, kebutuhan tersebut diakomodir oleh sistem secara otomatis.

Namun dalam praktiknya, masih banyak kekeliruan saat pengoperasian mobil matik. Sehingga hal tersebut dapat memperpendek usia matik.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com