Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matik

Kompas.com - 26/01/2024, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Mobil matik banyak diminati oleh masyarakat berkat kemudahannya dalam pengoperasian. Tidak lagi diperlukan memindahkan percepatan secara manual, kebutuhan tersebut diakomodir oleh sistem secara otomatis.

Namun dalam praktiknya, masih banyak kekeliruan saat pengoperasian mobil matik. Sehingga hal tersebut dapat memperpendek usia matik.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah buru-buru dalam mengubah arah laju mobil. Biasanya ini dilakukan oleh pengemudi saat mengambil haluan di area parkir.

Baca juga: Jangan Abai jika Mobil Transmisi Matik Di-kickdown Tidak Mau Lari

Sun gear merupakan bagian terdepan dari palnetary gear saat menerima gaya putarTangkapan layar Sun gear merupakan bagian terdepan dari palnetary gear saat menerima gaya putar

Mahfud, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan mengoperasikan mobil matik tidak perlu buru-buru terutama saat mengubah arah laju mobil misal dari maju menjadi mundur atau sebaliknya.

“Jika kebiasaan buru-buru ini terus dilakukan maka konsekuensinya akan ada komponen di dalam transmisi yang cepat rusak atau uas, yakni sun gear,” ucap Mahfud kepada Kompas.com, Kamis (25/1/2024).

Mahfud mengatakan sun gear merupakan satu kesatuan pada planetary gear sebagai kelompok roda gigi yang bertugas mengubah rasio percepatan sesuai kebutuhan atau permintaan sistem.

Baca juga: Alasan Kenapa Transmisi Matik Bisa Jebol jika Telat Ganti Oli

Penampakan gear halus pada sun gear yang bertugas menerima gaya putar pertama kali pada area planetary gear transmisi matik.Tangkapan layar Penampakan gear halus pada sun gear yang bertugas menerima gaya putar pertama kali pada area planetary gear transmisi matik.

“Pada sun gear terdapat bagian gear halus, ketika terjadi perubahan arah putaran mobil maka bagian ini menerima beban paling besar, maka dari itu lebih rawan aus jika sering dipuntir” ucap Mahfud.

Kerusakan gear halus pada sun gear menurut Mahfud dapat terdeteksi ketika melakukan proses overhaul dengan memeriksanya secara visual.

“Gear halus ini akan menjadi runcing-runcing pada mulanya, karena kerap mendapatkan beban berat ketika perubahan arah laju mobil, nanti lama-lama bisa aus, gear halus ini menjadi gundul,” ucap Mahfud.

Baca juga: Benarkan Mengemudi Jarak Jauh Lebih Nyaman Pakai Mobil Transmisi Matik?


Bahkan, Mahfud juga mengungkapkan pernah menjumpai sun gear dalam kondisi patah pada unit sebelumnya. Ini menandakan komponen tersebut memang bertugas cukup berat saat proses perubahan arah laju mobil.

“Sebaiknya, saat mengubah arah laju mobil matik pastikan mobil sudah berhenti total, dengan demikian beban kerjanya menjadi lebih ringan dan dapat membuatnya lebih awet,” ucap Mahfud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com