Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Suzuki Didominasi Hybrid Sepanjang 2023

Kompas.com - 24/01/2024, 11:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjadi salah satu ATPM yang turut bersaing ketat dalam mempromosikan produk mobil hybrid di Tanah Air. Bahkan, penjualan mobil hybrid Suzuki diklaim mencatatkan kinerja yang positif sepanjang 2023.

Head of Public Relations & Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Zulfikar Rafi Al Ghany mengatakan, total penjualan retail mobil Suzuki selama 2023 berhasil ditutup dengan hasil 82. 244 unit. 

"Namun dari total angka itu kita menemukan hal menarik, yaitu 36 persen dari total penjualan retail dari passenger car itu merupakan model hybrid yaitu model yang lebih rendah emisi," kata Ghany di acara Media Gathering Suzuki, Selasa (24/1/2024). 

Baca juga: Modifikasi Pikap Kabin Ganda Isuzu D-Max Siap Diajak Bertualang

Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2023, komparasi waktu tepuh perjalanan Jakarta-Bandung memakai kereta cepat Whoosh dengan Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/Sendy Darlis Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2023, komparasi waktu tepuh perjalanan Jakarta-Bandung memakai kereta cepat Whoosh dengan Suzuki XL7 Hybrid

Suzuki Indonesia sendiri saat ini punya tiga model mobil hybrid yaitu Grand Vitara Hybrid, Ertiga Hybrid, dan XL7 Hybrid. 

Ghany menjelaskan secara rinci, dari penjualan mobil hybrid Suzuki pada 2023, XL7 Hybrid berkontribusi paling tinggi yaitu 47 persen. Kemudian di posisi kedua ada Ertiga Hybrid yang berkontribusi 43 persen, lalu ada Grand Vitara Hybrid yang berkontrubusi 10 persen.

Baca juga: Jangan Abai jika Mobil Transmisi Matik di Kickdown Tidak Mau Lari

"Menariknya lagi, permintaan pasar tercemin dari pertumbuhan penjualan hybrid yang tergolong positif. Tercatat pencapaian tertinggi yang di dapat ada pada bulan November – Desember 2023 dimana kontribusi penjualan hybrid menjual 49 persen. Jadi, dari Januari sampai Desember terus tumbuh secara retail sales," kata Ghany.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com