Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Pohon Tumbang Ketika Berkendara Saat Hujan

Kompas.com - 20/01/2024, 06:22 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang cukup membahayakan pengendara kendaraan bermotor. Kondisi tersebut membuat kejadian tidak terduga, seperti pohon tumbang yang bisa menimpa pengguna jalan.

Contohnya seperti, minibus tertimpa pohon beringin besar yang tumbang setelah diterpa hujan disertai angin kencang di Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (19/1/2024).

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo mengatakan, pohon beringin tumbang terjadi di ruas Jalan Raya Wonogiri-Ngadirojo, tepatnya di Dusun Jatibedug, Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Polytron Sambut Baik Rencana Kenaikan Pajak Motor Konvensional

Mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Pati Unus, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2024).Dokumentasi BPBD DKI Jakarta Mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Pati Unus, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2024).

“Akibat kejadian itu, ada penumpang minibus terluka. Namun, dipastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” ucap Anom dikutip dari Kompas.com, Jumat (20/1/2024).

Belajar dari kejadian ini, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, terdapat cara untuk menghindari risiko merugikan ketika berkendara di musim hujan.

“Zaman sekarang sudah modern, kita bisa memantau kondisi dan cuaca dari smartphone. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada hujan lebat dan potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi safety, artinya lebih ke pencegahan,” ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mazda dan Toyota Bakal Berbagi Teknologi Mobil Listrik

Satu unit kendaraan roda empat yang tertimpa pohon di bilangan Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulsel, Senin (15/1/2024).Instagram/Teropong Makassar Satu unit kendaraan roda empat yang tertimpa pohon di bilangan Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulsel, Senin (15/1/2024).

Kondisi tersebut bisa berlaku untuk pengendara roda dua maupun roda empat. meski secara tingkat fatalitas lebih berpotensi ke pemotor, namun bukan berarti mobil lebih terjamin keselamatannya.

Mengingat jika berurusan dengan objek yang terjatuh dan tidak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tapi tiang listrik atau billboard terpasang di pinggir jalan.

Kemudian, bila hujan deras disertai angin kencang terjadi saat di tengah perjalanan, bagi pemotor sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan dan segera mencari lokasi berteduh yang aman.

Sementara, bagi pengemudi roda empat dituntut agar lebih fokus dan meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kecepatan. Tidak hanya pada sisi depan, samping dan belakang, namun juga ancaman dari atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com