Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Penjualan Suzuki Akhir 2023, Produk Hybrid Mendominasi

Kompas.com - 19/01/2024, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menutup 2023 dengan pencapaian positif. Penjualan ritel mengalami peningkatan 25 persen untuk segmen penumpang dan 26 persen untuk komersil.

Dari kenaikan tersebut, pada segmen penumpang didominasi XL7 yang meraih peningkatan penjualan hingga 32 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT SIS mengatakan, kenaikan penjualan pada Desember 2023 dipengaruhi kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan untuk mempersiapkan libur akhir tahun, serta kepercayaan dari pelanggan setia Suzuki.

"Akhir 2023 lalu, Suzuki berhasil meraih peningkatan penjualan ritel hingga 25 persen jika dibanding bulan sebelumnya. Sejalan dengan itu, salah satu unit SUV unggulan milik Suzuki, yaitu XL7 menjadi primadona yang terus menunjukkan eksistensinya sebagai model andalan keluarga Indonesia ketika berlibur bersama," ujar Randy dalam keterangan resminya, Jumat (19/1/2024).

Baca juga: Gran Max di Jepang Bermasalah, ADM Pastikan Indonesia Aman

Mobil hybrid SuzukiSIS Mobil hybrid Suzuki

Randy menjelaskan, peningkatan penjualan XL7 tak hanya karena memiliki karakter tangguh yang mampu diajak berpetualang ke berbagai medan serta kapasitas yang luas, tapi juga karena adanya penyematan teknologi Smart Hybrid by Suzuki (SHVS) yang meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Hadirnya kendaraan elektrifikasi Suzuki melalui teknologi hybrid yang dimulai sejak 2022, diklaim jadi momentum tepat lantaran pada akhir tahun lalu pertumbuhannya cukup positif.

Melalui berbagai keunggulan yang ditawarkan, serta manfaat yang dapat dirasakan secara langsung penggunanya, jajaran produk hybrid Suzuki mengambil porsi 49 persen dari keseluruhan penjualan ritel mobil penumpang.

Kontribusi penjualan hybrid yang terus meningkat ini jadi cerminan kepercayaan dan penerimaan yang baik dari pelanggan terhadap teknologi elektrifikasi yang dihadirkan oleh Suzuki.

Sementara untuk segmen komersial, peningkatan penjualan ritel sebesar 26 persen dibanding bulan sebelumnya untuk Carry juga ikut dirasakan.

Baca juga: Modifikasi Ekstrem, Dua Suzuki Jimny Digabung Jadi Super Lebar

Suzuki Carry PikapDok. SIS Suzuki Carry Pikap

Mobil yang banyak digunakan untuk mendukung kegiatan usaha ini, diklaim tak sekadar hanya memiliki bahan bakar yang efisiensi saja, tapi juga tangguh di berbagai medan serta punya mutu dan kualitas yang telah teruji dan memenuhi standar global.

"Kami bersyukur atas kepercayaan dan penerimaan baik dari pelanggan setia kami terhadap teknologi elektrifikasi yang Suzuki hadirkan di pasar Indonesia, terlebih dengan keberhasilan untuk menutup tahun 2023 dengan pencapaian yang positif," kata Randy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com