Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Bicara Rencana Produksi Lokal Mobil Listrik

Kompas.com - 19/01/2024, 08:32 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar otomotif di Indonesia kembali kedatangan merek baru yakni Build Your Dreams (BYD).

Produsen mobil listrik asal China itu juga turut meluncurkan tiga lini produk kendaraan listriknya yakni BYD Seal, Atto 3 dan Dolphin.

“Hari ini merupakan momentum luar biasa bagi BYD karena secara resmi hadir untuk konsumen Indonesia untuk memberikan pilihan mobil-mobil energi baru yang inovatif dan memiliki manfaat yang berkelanjutan," ucap Liu Xueliang, General Manager BYD Asia-Pasifik, Kamis (18/1/2024).

Baca juga: Populasi Kendaraan Listrik Makin Banyak, Shell Mengaku Tidak Khawatir

Langkah BYD masuk ke pasar Tanah Air tampaknya tidak main-main, sebab menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) Airlangga Hartarto, pabrikan otomotif raksasa asal Negeri Tiongkok itu dikabarkan menaruh investasi sebesar 1,3 miliar dollar AS dengan kapasitas produksi 150.000 unit per tahun.

Xueliang mengatakan, BYD tengah berencana untuk segera membuat fasilitas pabrik di Indonesia. Dengan begitu, pihaknya bisa segera memproduksi mobil listrik secara lokal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

“Kita BYD, ke depan akan ada manufaktur di sini. Untuk tipe-tipe (mobil), kita akan menganalisa pasar, kita akan mempertimbangkan tentang kendaraan yang masyarakat Indonesia butuhkan,” kata Xueliang.

Sebagai informasi, pada debut pertamanya BYD meluncurkan tiga produk sekaligus.

Line Up Mobil Listrik BYD di Indonesia yakni Atto 3, Dolphin, dan Seal.Kompas.com/Adityo Wisnu Line Up Mobil Listrik BYD di Indonesia yakni Atto 3, Dolphin, dan Seal.

Pertama, BYD Seal yang bermain di segmen sedan. Mobil ini hadir dengan tiga varian yang dibedakan berdasarkan jarak tempuh. Ada varian Dynamic dengan jangkauan hingga 510 Km, Premium dengan jarak tempuh hingga 650 Km, serta Performance yang mampu menempuh jarak 580 km.

Kemudian ada BYD Atto 3 memiliki desain khas crossover yang futuristis dan sporty. BYD Atto 3 hadir dalam dua varian yakni Standar dengan jangkauan jarak tempuh 410 Km dan Extend yang mampu menempuh jarak 480 Km.

Baca juga: Peredaran Oli Palsu Makin Marak, Konsumen Harus Lebih Kritis

Terakhir ada BYD Dolphin yang menjadi model entry level. SUV ringkas dengan desain eksterior cukup konvensional layaknya mobil berbahan bakar bensin. BYD Dolphin hadir dengan dua varian, yakni Dynamic Standar 410 Km dan Premium Extended 490 Km.

BYD belum mengumumkan harga resmi dari ketiga mobil listriknya itu. Kabarnya informasi tersebut akan dijabarkan pada ajang pameran otomotif nasional IIMS 2024, Februari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com