Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Mitsubishi XForce dengan Hyundai Creta

Kompas.com - 17/01/2024, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan mobil di Sport Utility Vehicle (SUV) segmen B semakin ketat. Nama-nama besar seperti Mitsubishi XForce beradu pasar dengan nama besar lain yaitu Hyundai Creta.

Sebelumnya tim redaksi sudah membahas perbandingan eksterior. Kini saatnya membahas perbedaan fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh XForce dan Creta.

Fitur pertama yaitu pada sektor hiburan. Mistusbishi XForce dibekali layar head unit 12,3 inci yang bisa tersambung dengan Smartphone-link Display Audio, Android Auto, dan Apple CarPlay, dipadukan dengan layar MID berukuran 8 inci.

Baca juga: Hasil Uji Tipe Beberapa Kendaraan Daihatsu Dicabut, Ini Respon Toyota

Eksterior Hyundai CretaKompas.com/Donny Eksterior Hyundai Creta

Sedangkan Creta mengusung speedometer full TFT berukuran 10,25 inci dan head unit canggih berukuran delapan inci dengan head unit yang dapat terhubung dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Nilai plus buat XForce berusaha memanjakan telinga pengemudi dan penumpang karena mobil sudah dibekali dengan audio premium Dynamic Sound Yamaha.

Sistem audio Yamaha ini dilengkapi dengan 8 speaker terintegrasi dan 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing), rinciannya tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker coaxial dua arah di pintu belakang.

Namun bukan berarti sistem audi Creta tertinggal sepenuhnya. Merek asal Korea Selatan itu mempercayakan perangkat audionya memakai besutan BOSE.

Baca juga: Toyota HiAce Berwajah Land Cruiser di Tokyo Auto Salon 2024

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

XForce memiliki dimensi panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.660 mm, wheelbase 2.650 mm, dan ground clearance 222 mm. Pelek pakai ukuran besar 18 inci yang membuatnya jadi kekar.

Sedangkan Creta memiliki ukuran 4.315 mm x 1.790 mm x 1.630 mm. Varian entry level pakai pelek 16 inci single tone sedangkan model atas pakai pelek 17 inci two tone dan atap berwarna hitam.

Kelemahan XForce belum ada sunroof berbeda dengan Creta yang sudah memakai panoramic sunroof.

Selain itu, SUV perkotaan ini memiliki beberapa fitur yang baik, seperti pengaturan kemudi tilt dan teleskopik, pendingin minuman di kotak sarung tangan, serta sistem audio BOSE.

Baca juga: PO Pandawa 87 Rilis Sleeper Bus Baru, Punya 22 Kamar

Hyundai Creta Dynamic Black Edition resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. KOMPAS.com/Gilang Hyundai Creta Dynamic Black Edition resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Beralih ke fitur keselamatan, XForce dilengkapi dengan 4 airbags (driver, passenger dan side airbags), serta beberapa fitur ADAS, seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, dan sebagainya.

Saat ini XForce memang belum memiliki fitur ADAS yang lengkap. Tapi pada dasarnya sudah ada beberapa fitur ADAS. Ke depan Mitsubishi mengatakan bakal melengkapi fitur ADAS di mobilnya.

Adapun Mitsubishi membekali XForce pakai Active Yaw Control (AYC) yang juga tersemat pada Xpander Cross. AYC ini dapat bekerja otomatis saat mobil melakukan manuver berbelok di jalan kering maupun licin.

Cara kerja AYC yaitu dengan mengabungkan sistem kerja ABS dan ASC. Sistem ini secara garis besar dapat membaca wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com