Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Pakai Helm Klasik, Gampang Ganti Aksesori

Kompas.com - 17/01/2024, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm klasik dengan tampilan retro umumnya dipilih pengendara motor yang menyukai desain polos dan tidak terlalu ramai. Desain semacam ini khususnya populer di kalangan pengguna Vespa, motor custom, dan sejenisnya.

Walaupun tampilannya terbilang ringkas, ada beberapa keunggulan menarik yang dimiliki helm retro, salah satunya yakni kemudahan untuk melakukan kustomisasi.

Karena desainnya cenderung polosan dan biasanya cuma berbentuk batok open face, pengendara bisa dengan mudah menambah aksesori-aksesori lain sesuai selera.

Kris, Creative Manager Epic Veil, salah satu merek apparel berkendara lokal dengan desain retro, mengatakan, kustomisasi yang dimaksud juga cukup beragam, mulai dari sebatas stiker sampai visor khusus.

Baca juga: Gran Max Pikap Dites Tabrak, Imbas Skandal Kecurangan Daihatsu

Helm retro lansiran Epic Veil, tampilan klasik dan ramai di kalangan pengendara VespaKompas.com/Daafa Alhaqqy Helm retro lansiran Epic Veil, tampilan klasik dan ramai di kalangan pengendara Vespa

“Ada yang suka bikin decal sendiri atau full dipasangi stiker, ada juga yang mau pasang visor atau pakai goggles (kacamata helm). Opsinya banyak banget,” ucapnya saat dijumpai Kompas.com di Cipete, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2024).

Dia menambahkan, beberapa pengendara bahkan rela melakukan kustomisasi senilai jutaan rupiah untuk helm klasik miliknya. Mulai dari membeli aksesori khusus dengan banderol mahal, sampai memberi desain cat khusus.

“Paling sering itu beli goggles khusus, jenisnya juga banyak. Ada goggles yang digabung masker, ada juga yang anti embun,” kata dia.

Baca juga: Ini yang Bikin Rack Steer Cepat Aus dan Bunyi

Ilustrasi aksesori berkendara lansiran Epic VeilKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi aksesori berkendara lansiran Epic Veil

Bagi konsumen pemula yang hendak membeli helm klasik dan memulai kustomisasi, Kris mengatakan jika anggaran sekitar Rp 500.000 sudah sangat cukup.

“Helm di kita mulai Rp 270.000, terus bisa beli visor atau helmet cap. Rp 500.000 udah dapat lumayan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com