Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Fortuner Mogok Saat Terabas Banjir, Penonton Justru Senang

Kompas.com - 14/01/2024, 08:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan mobil Toyota Fortuner yang gagal menerbas banjir dan mogok di tengah jalan.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Kegoblokan Unfaedah, terlihat Fortuner tersebut tetap nekat menerabas banjir meski sudah diberitahu oleh warga sekitar bahwa ketinggian air cukup dalam.

Baca juga: Spesifikasi Honda BeAT Listrik Hasil Konversi Nagara

Pengemudi Fortuner yang seolah tak peduli kemudian tetap memaksa membelah jalur. Pada awalnya cukup meyakinkan tapi akhirnya mogok setelah tinggi air hampir mencapai setinggi kap mesin.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KEGOBLOGAN YANG UNFAEDAH (@kegoblogan.unfaedah)

Orang-orang termasuk pemotor yang sedari awal melihat kemudian bersorak karena mobil mogok di tengah banjir.

"Org kaya yg angkuh dan penonton yg dengki," tulis akun drvxxfvxx, dikutip Kompas.com, Minggu (14/1/2024).

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor, menjelaskan, hal pertama yang harus diperhatikan pengemudi saat hendak melewati banjir adalah mengukur ketinggian air.

Ketinggian maksimal banjir yang masih ditolerir adalah 50 sentimeter atai sepertiga ukuran ban. Jika lebih dari ini, resiko kerusakannya akan jauh lebih besar.

Toyota Fortuner lawas banyak diburu masyarakat lantaran tangguh dan keren.Tangkapan layar Toyota Fortuner lawas banyak diburu masyarakat lantaran tangguh dan keren.

"Usahakan air tidak menyentuh sasis bagian bawah, bahayanya nanti bisa muncul karat di kaki-kaki,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Punya TKDN 47,5 Persen, Wuling Binguo EV Dapat Insentif PPN

Kemudian perhatikan adalah kecepatan saat mengemudi. Jaga kecepatan agar tetap konstan di RPM rendah tidak melebihi 1.000.

Kesalan banyak orang ialah mobil dipaksa ngebut saat melintasi banjir. Metode semacam ini ternyata keliru.

Noval menjelaskan, mobil dipaksa ngebut saat banjir akan mendongkrak RPM, dan memperbesar daya hisap udara lewat air intake. Inilah situasi yang berbahaya, sebab ada kemungkinan air banjir ikut terhisap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com