Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Honda BeAT Listrik Hasil Konversi Nagara

Kompas.com - 13/01/2024, 18:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nagara Sains Ekosistem (Nagara), perusahaan teknologi dan elektronik lokal asal SCBD, Jakarta Selatan, meramaikan pasar konversi motor listrik di Indonesia dengan menghadirkan conversion kit khusus Honda BeAT.

Konsumen yang berminat melakukan konversi akan menerima paket komponen lengkap, mulai dari satu unit baterai, dinamo BLDC jenis Hub-drive, dan controller.

Muhammad Bagas Kamal, Lead Engineer Nagara menjelaskan, paket konversi yang disediakan Nagara punya konstruksi ringkas, dan prosesnya bisa diselesaikan hanya dalam waktu sekitar 30 menit saja.

“Prosesnya terbilang plug and play saja, karena yang kami ganti dari motor hanya komponen mesin dan penggerak saja, kemudian dipasang dinamo, baterai, dan jalur kelistrikan baru,” ucapnya kepada Kompas.com di Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024).

Baca juga: Luhut Sebut Kualitas BYD Tidak Kalah dari Tesla

Honda beAT listrik hasil konversi NagaraKompas.com/Daafa Alhaqqy Honda beAT listrik hasil konversi Nagara

Untuk spesifikasi di atas kertas, motor listrik konversi besutan Nagara memiliki spesifikasi yang terbilang cukup. Baterainya bisa dilepas dan berjenis lithium-ion berkapasitas 72 volt 24 Ah, klaim daya jelajahnya adalah 60 kilometer.

Dinamo yang digunakan berjenis Brushless DC Motor (BLDC) jenis Hub-drive, alias posisinya menyatu dengan pelek belakang. Output daya yang bisa dikeluarkan mulai dari 2 Kilowatt dan maksimal 4,1 kilowatt.

Dengan besaran daya tersebut, motor listrik hasil konversi ini diklaim memiliki kecepatan maksimal hingga 89 kpj.

Baca juga: Bengkel Anti Karat Mobil Ini Perluas Jaringan ke Jawa Timur

Proses konversi motor matik menjadi motor listrik di bengkel spesialis konversi NagaraKompas.com/Daafa Alhaqqy Proses konversi motor matik menjadi motor listrik di bengkel spesialis konversi Nagara

Bagas menjelaskan, paket konversi dari Nagara baru tersedia untuk motor Honda BeAT saja, namun seiring berjalannya waktu, jumlah model diharapkan bisa bertambah.

“Kami mau mulai dari motor yang paling umum dijumpai dulu, supaya masyarakat bisa lebih tertarik dan terdorong untuk mulai melakukan konversi,” kata dia.

Bagi konsumen yang berminat, paket konversi motor listrik dari Nagara dibanderol mulai dari Rp 4 juta. Biaya ini sudah termasuk jasa pemasangan, serta pengurusan surat dan dokumen wajib.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com