Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konversi Motor Listrik Murah Khusus Honda BeAT, Harga Rp 4 Juta

Kompas.com - 13/01/2024, 16:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren konversi motor bensin menjadi listrik mulai mengalami peningkatan minat di awal 2024, khususnya setelah pemerintah menaikkan nominal subsidi senilai Rp 10 juta.

Efek positif dari keberadaan subsidi konversi, biaya yang harus dikeluarkan konsumen jadi jauh lebih rendah. Hal ini juga menjadi angin segar bagi produsen dan bengkel penyedia jasa konversi.

PT Nagara Sains Ekosistem (Nagara), perusahaan teknologi lokal asal SCBD, Jakarta Selatan, jadi salah satu produsen kit sekaligus bengkel khusus konversi motor listrik yang meluncur sejak akhir 2023.

Nagara menyediakan kit konversi dengan harga terjangkau khusus pengguna skutik. Setelah dipotong biaya subsidi, Harganya menjadi Rp 4 juta.

Baca juga: 2 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengalami Aquaplaning

Paket konversi motor listrik buatan Nagara. Jadi yang termurah setelah disubsidi, harga Rp 4 jutaKompas.com/Daafa Alhaqqy Paket konversi motor listrik buatan Nagara. Jadi yang termurah setelah disubsidi, harga Rp 4 juta

Paket konversi tersebut juga lengkap dan mencangkup semua komponen, mulai dari baterai jenis lithium-ion, dinamo BLDC jenis hub-drive, dan controller.

Muhammad Bagas Kamal, Lead Engineer Nagara menjelaskan, harga paket konversi miliknya bisa ditekan menjadi murah karena diberlakukan alur produksi satu jalur.

“Mulai dari baterai sampai dinamo, semuanya kami produksi dan rakit sendiri, jadi biaya-biaya yang tidak diperlukan bisa dipangkas,” ucapnya saat dijumpai Kompas.com di Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024).

Baca juga: Bengkel Mobil Ini Boyong 3 Penghargaan di Asia Automotive Awards 2023

Ilustrasi paket konversi motor listrik buatan Nagara. Konversi motor listrik. Proses konversi motor listrik.Kompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi paket konversi motor listrik buatan Nagara. Konversi motor listrik. Proses konversi motor listrik.

Bagas menjelaskan, Nagara hanya berfokus pada konversi motor model Honda BeAT saja, dengan alasan motor ini punya populasi cukup tinggi di Indonesia.

“Kami mau mulai dari motor yang paling umum dijumpai dulu, supaya masyarakat bisa lebih tertarik dan terdorong untuk mulai melakukan konversi,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com