Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil dengan Fitur Traction Control Kebal Aquaplaning?

Kompas.com - 12/01/2024, 12:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama musim hujan, risiko bahaya aquaplaning atau hydroplaning semakin meningkat karena jalan basah dan banyak dijumpai genangan air besar.

Aquaplaning sendiri dianggap sebagai salah satu poin penyebab kecelakaan fatal. Kondisi ini terjadi jika ban tidak menapak sempurna di aspal, akibat permukaannya tertutup oleh lapisan air.

Langkah keselamatan utama yang harus diperhatikan untuk mencegah aquaplaning adalah menurunkan kecepatan. Namun sebagian pengendara menilai jika mobil-mobil lansiran terbaru dengan teknologi modern bisa kebal dari bahaya ini.

Satu teknologi yang digadang-gadang bisa mencegah terjadinya aquaplaning adalah fitur traction control system alias TCS, yang saat ini ada di hampir semua mobil lansiran terbaru. Tapi benarkah TCS bisa mencegah mobil mengalami aquaplaning?

Baca juga: Tips Parkir Mobil yang Aman Saat Musim Hujan

Saat hujan deras dan jalanan dipenuhi genangan, pengemudi mobil harus mewaspadai bahaya aquaplaningDok Anggota Polsek Mertoyudan Saat hujan deras dan jalanan dipenuhi genangan, pengemudi mobil harus mewaspadai bahaya aquaplaning

Juni Siswanto, Technical leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, anggapan tersebut sedikit keliru. Bahkan ketika traction control menyala sekalipun, aquaplaning masih bisa terjadi.

“Aquaplaning itu penyebabnya karena faktor kecepatan pengemudi, kualitas ban, dan kondisi jalan. Agak keliru kalau dibilang TCS bisa mencegah terjadinya aquaplaning,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Juni menjelaskan, fungsi utama dari traction control adalah mencegah roda mengalami slip saat sedang bermanuver. Sistem kerjanya mengandalkan sensor untuk menyesuaikan keempat putaran roda.

“TCS itu berkaitan dengan traksi atau daya cengkeram, ini fungsinya saat menikung atau berkelok, supaya putaran keempat roda itu seimbang,” kata Juni.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Intip Spesifikasi Mobil Listrik VinFast

Ilustrasi aquaplaningwww.reifen.de Ilustrasi aquaplaning

Jika dikaitkan dengan situasi aquaplaning di mana ban mobil justru tidak bisa menapak karena tertutup lapisan air, Juni menyebut jika traction control tidak akan bisa banyak berpengaruh.

“Kalau kondisinya aquaplaning, mobil pasti langsung tergelincir, seperti jalan di atas lapisan oli. TCS enggak akan berfungsi karena memang tidak ada traksi,” ujarnya.

Kendati demikian, pengendara tetap dianjurkan untuk menyalakan traction control saat kondisi jalan basah untuk membantu manuver. Optimalnya, kecepatan berkendara juga diturunkan, supaya terhindar dari bahaya aquaplaning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com