Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Perbaikan Bus PO ALS yang Gardannya Lepas, Butuh Waktu Seminggu

Kompas.com - 10/01/2024, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Baru-baru ini viral sebuah konten foto dan cuplikan video yang menampilkan kejadian unik menimpa bus AKAP milik PO ALS.

Kejadian tersebut yakni gardan dari bus asal Sumatera tersebut terpisah dari bodi bus sehingga harus berhenti di tengah-tengah perjalanan.

Momen tersebut dibagikan oleh sebuah foto yang diunggah oleh akun Tiktok @gakmauroam pada sekitar pertengahan Desember 2023. 

Lantaran kejadian ini, ban bus belakang jadi terlepas dan berada di luar bodi bus. Bus mengalami mogok hampir seminggu di jalan yang berlokasi di area Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan tersebut. 

Baca juga: Kejadian Langka, Gardan Bus PO ALS Lepas dari Bodi  

Generasi ketiga dari salah satu pemilik armada PO ALS Sewan Delrizal Lubis mengatakan, bus dengan nomor lambung 334 itu hidup kembali usai diperbaiki oleh teknisi, dan menunggu komponen-komponen yang penting datang hingga berhari-hari.

"Pada situasi tersebut, tentunya barang dan juga penumpang kita oper ke bus PO ALS yang lain dan diantarkan sesuai tujuan," kata Sewan kepada Kompas.com, Rabu (10/1/2024). 

Gardan bus ALS lepas dari bodi indo_busmate.id Gardan bus ALS lepas dari bodi

Baca juga: Honda Pamer Mobil Listrik Konsep, Siap Meluncur 2026

Sewan juga mengatakan, pada saat proses perbaikannya, teknisi langsung segera meluncur ke lokasi kejadiaan saat menerima laporan bus alami musibah tersebut.

"Teknisi kita langsung meluncur ke sana untuk perbaikan," kata Sewan.

Begitu dicek apa saja yang rusak dan harus diganti, teknisi langsung meminta untuk dikirimkan suku cadang yang dibutuhkan. Saat sudah bisa menyala, bus langsung mengarah ke tempat peristirahatan yang tidak jauh dari lokasi kejadian bernama RM Cemerlang. Setibanya di sana, beberapa area bodi bus langsung di las, terutama pada pintu dan knalpot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com