Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Kerugian Membuka Kaca Mobil Saat Kecepatan Tinggi

Kompas.com - 10/01/2024, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil memang dilengkapi kaca jendela yang bisa dibuka dan ditutup, sehingga boleh saja dioperasikan sebagaimana mestinya.

Namun, membuka kaca saat mobil melaju terutama dalam kecepatan tinggi ternyata banyak ruginya. Kerugiannya mulai aspek performa, durabilitas, keamanan dan keselamatan.

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan kebiasaan buruk membuka kaca jendela saat mobil melaju sebaiknya ditinggalkan, pasalnya sedikit banyak dapat membuat performa menurun.

Baca juga: Ingat Bahaya Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

“Saat mobil melaju kerap dijumpai pengendara membuka kaca jendela, entah karena sambil merokok atau demi menghemat BBM karena tidak menggunakan AC, tapi sebenarnya itu merugikan,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Sabtu (6/1/2024).

Toyota GR Yaris edisi spesial WRCDok. Carscoops.com Toyota GR Yaris edisi spesial WRC

1. Muncul drag atau hambatan

Hasan mengatakan pabrikan mobil sudah merancang bodi mobil sedemikian rupa dengan memperhitungkan aerodinamis kendaraan. Sehingga, didapatkan mobil yang efisien sehingga hal itu seharusnya didukung.

“Dengan membuka kaca jendela saat mobil melaju maka yang terjadi justru hambatan udara meningkat, karena sebagian angin masuk ke dalam kabin dan menjadi hambatan bagi mobil, ini dapat menurunkan efisiensi,” ucap Hasan.

Baca juga: Jakarta Diprediksi Hujan Deras, Wajib Batasi Kecepatan Berkendara

Evaporator AC mobil berlendir akibat penumpukan asap rokokMF Auto Cool/Fendi Evaporator AC mobil berlendir akibat penumpukan asap rokok

2. Filter kabin cepat kotor

Selain dapat mengganggu performa, kaca jendela yang terbuka akan membuat kotoran di luar masuk terbawa oleh angin.

“Sehingga kabin menjadi cepat kotor, tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan filter kabin pampat, dan parahnya bisa menyebabkan evaporator berlendir dan pampat karena kotoran,” ucap Hasan.

3. AC kerja lebih berat

Kerugian akan semakin terasa ketika membuka kaca jendela sambil menghidupkan AC. Sehingga, sistem AC akan bekerja lebih berat karena target suhu udara di sekitar kabin tidak akan tercapai.

Ilustrasi AC MobilFreepik/Dianabygu Ilustrasi AC Mobil

Baca juga: Pentingnya Lihat Jauh ke Depan Saat Berkendara

“Jika ini dibiasakan, maka kejra kompresor akan menjadi lebih berat dan bisa memperpendek usianya, karena semakin lama running hoursnya performa kompresor akan turun,” ucap Hasan.

4. Memancing tindak kriminal

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan berkendara sambil membuka kaca jendela akan membuat orang lain di luar bisa melihat kondisi di dalam mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com