Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Libur Tahun Baru, Cek Kondisi Kaki-kaki Mobil

Kompas.com - 05/01/2024, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan akhir tahun telah usai. Setelah melakukan perjalanan jauh mengunjungi destinasi wisata maka mobil butuh perawatan kendaraan yang tepat terutama di bagian kaki-kaki.

Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter, mengatakan, cara paling mudah mengecek kondisi suspensi bermasalah ialah mempelajari apakah ada perubahan suara pada saat kendaraan berjalan.

Baca juga: Toyota Rush Setop Produksi di Malaysia

Ball joint pada roda mobild-series.org Ball joint pada roda mobil

"Perubahan ini bisa dari suara yang tidak normal dan dapat mengganggu pengendara saat menggunakan mobil," ujar Raffi dalam keterangan resmi, Jumat (5/1/2024).

"Selain itu, gejala lainnya yang muncul seperti setir terasa bergetar, limbung dikecepatan tinggi sampai mobil sulit dikendalikan pada kecepatan rendah," katanya.

Rafii mengatakan, dalam hal ini suspensi perlu dilakukan pengecekan berkala agar dapat terdiagnosa komponen suspensi yang perlu diganti.

Astra Peugeot berusaha untuk dekat dengan konsumen setianya. Merek asal Perancis tersebut kembali menggelar Part Bazaar secara online di penghujung tahun.
Foto: Peugeot Astra Peugeot berusaha untuk dekat dengan konsumen setianya. Merek asal Perancis tersebut kembali menggelar Part Bazaar secara online di penghujung tahun.

Umumnya yang perlu dilakukan penggantian support shock breaker sudah aus, ball joint, Tie Rod, Bushing, Bearing, Link Stabilizer dan shock breaker rusak.

Baca juga: Harga LCGC Bekas Awal 2024, Datsun Go mulai Rp 42 Jutaan

“Setelah liburan akhir tahun perlu dilakukan pengecekkan berkala dari dua komponen ban dan suspensi di bengkel resmi Astra Peugeot agar kondisi kendaraan prima saat digunakan sehari-harinya,” kata Rafii.

Apalagi kata dia, jika selama liburan, jalanan yang dilalui memiliki permukaan berbatu dan berlubang. Sebab jalanan bebatuan bisa membuat kondisi ban menjadi aus kalau terdapat permukaan yang tajam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com