Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Siapkan Motor Hybrid Baru, Pakai Bodi Versys

Kompas.com - 20/12/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki sedang menyiapkan lini produk hybrid ketiganya setelah Ninja 7 HEV dan Z 7 HEV. Berdasaran gambar paten yang beredar, Kawasaki menggunakan bodi Versys, alias motor petualang.

Dikutip dari Visordown, gambar patennya diunggah akun Motociclismo. Versys yang mulanya pakai mesin konvensional pada gambarnya diganti dengan mesin hybrid, kombinasi mesin konvensional dengan baterai dan dinamo listrik.

Kemungkinan, mesin hybrid yang dipakai akan serupa dengan Ninja 7 Hybrid dan Z 7 Hybrid. Artinya pakai dinamo elektrik 9 kW yang dikombinasikan dengan mesin 451cc dua silinder segaris.

Baca juga: Kawasaki Perkenalkan Motor Hidrogen Ninja H2 HySE

Kawasaki Ninja 7 HEVmotorcyclenews.com Kawasaki Ninja 7 HEV

Bicara Vesys hybrid, sebenarnya agak unik pendekatannya oleh Kawasaki. Kalau Ninja 7 HEV dan Z 7 Hybrid masih masuk akal, karena dia sport bike dan naked, jarak tempuhnya tidak sepanjang motor petualang.

Kalau segmen petualang, memang agak berbeda dari motor sport dan naked. Menjaga performa yang baik dalam perjalanan jauh sebenarnya pakai mesin konvensional sudah mumpuni, jadi bagaimana Kawasaki meracik motornya jadi hal yang patut ditunggu.

Baca juga: Ingat, Beli Tiket Feri untuk Nataru Paling Lambat H-1 Keberangkatan


Kemungkinan baterai 1,4 kWh yang dipakai di Ninja 7 HEV dan Z 7 Hybrid kurang pas buat dibawa jalan jauh. Tenaga yang dihasilkan dari kedua motor pun cuma sekitar 69 TK, tidak beda jauh dengan Versys 650 yang tenaganya 66 TK.

Jadi mari kita tunggu saja nanti akan seperti apa motor hybrid ketiga dari Kawasaki. Sebenarnya pun Kawasaki belum berkomitmen mengganti semua model mesin konvensional dengan hybrid, tapi tentu ada kehematan BBM yang ditawarkan model tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com