Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Tidak Ada Lagi Premanisme di Terminal Bus

Kompas.com - 04/01/2024, 16:24 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo baru saja meresmikan empat terminal bus atau terminal angkutan massal tipe A, yakni Terminal Purworejo dan Terminal Mendolo Wonosobo di Jawa Tengah serta Terminal Purboyo Madiun dan Terminal Patria Blitar di Jawa Timur, Selasa (2/1/2024).

Peresmian keempat terminal baru tersebut dilakukan bersamaan di Terminal Purworejo, Jawa Tengah.

Sekadar informasi, terminal Tipe A berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan AKAP, dan angkutan lintas batas antar negara, AKDP, angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).

Jokowi mengatakan, peresmian terminal baru ini hadir lebih modern sehingga harapannya aksi premanisme akan hilang. 

"Mestinya yang namanya terminal bus seperti ini. Tadi saya lihat ke dalam, kalau dulu yang namanya terminal bus identik preman. Ini sudah hilang. Terminal bus adalah tempat pelayanan dan juga untuk mendukung meningkat perekonomian UMKM,"  kata Jokowi dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis ( 4/1/2024)

Baca juga: Belajar dari Kasus Mobil Tabrak Polisi di Klaten, Jangan Main Ponsel Saat Mengemudi

Jokowi saat meresmikan empat terminal tipe A di Jawa yang difokuskan di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah pda Selasa (2/1/023). KOMPAS.COM/BAYUAPRILIANO Jokowi saat meresmikan empat terminal tipe A di Jawa yang difokuskan di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah pda Selasa (2/1/023).

Baca juga: Harga Motor Sport 150 cc Januari 2024, Kawasaki W175 Naik Rp 500.000

Jokowi juga mengatakan,apabila transportasi massal tidak terbangun dengan baik maka menyebabkan kemacetan. Oleh karena itu dirinya sangat mengapresiasi pembangunan empat terminal bus baru di Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut lantaran punya konsep lebih modern, aman, dan nyaman.

"Macet itu hampir ada di setiap kota karena orang-orang lebih banyak pakai kendaraan pribadi. Bahkan di kota-kota kecil juga sudah macet. Maka dari itu transportasi massal harus didorong," kata Jokowi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com