Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner Usul Sprint Race Dihapuskan, Jangan Ikut-ikutan Formula 1

Kompas.com - 04/01/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Casey Stoner termasuk mantan pebalap yang kerap mengkritisi MotoGP sekarang ini. Bahkan, yang terbaru adalah dia berpendapat bahwa sebaiknya sprint race dihapuskan saja.

Mulai musim ini, MotoGP menerapkan balapan dengan format sprint race. Balapan digelar pada Sabtu, dengan jumlah putaran dan poin setengah dari normalnya.

Baca juga: Banyak Kecelakaan, Dorna Tetap Pertahankan Sprint Race MotoGP 2024

Format ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah penonton MotoGP. Selain itu, untuk menambah tingkat persaingan antara pebalap.

Casey Stoner.Crash.net Casey Stoner.

Namun, yang terjadi musim ini justru tidak seperti yang diharapkan. Banyak pebalap yang mengalami kecelakaan saat sprint race berlangsung.

Casey Stoner mengatakan, perkembangan di MotoGP semakin ke arah Formula 1 (F1). Motor balap sekarang ini dilengkapi banyak perangkat aerodinamika. Selain itu, formatnya pun juga mengikuti.

Baca juga: Tiap Seri MotoGP 2023 Minimal Ada Satu Pebalap Absen karena Cedera

"Ada banyak hal yang terjadi yang menurut semua orang adalah kemajuan. Namun, mereka harus melambat. Tidak ada satu pun balapan tahun ini di mana setiap pebalap ada di kursinya," ujar Stoner, dikutip dari Crash.net, Kamis (4/1/2024).

Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.

Stoner menambahkan, kondisi tersebut memberitahukan bahwa ada banyak sekali yang terjadi, bahkan terlalu banyak. Menurutnya, MotoGP saat ini mencoba meniru F1, hanya saja MotoGP memiliki jauh lebih banyak teknologi pada kendaraannya.

"Kita seharusnya tidak meniru mereka dengan turut menggelar sprint race. Biarkan saja apa adanya, dan Anda akan memiliki setiap pebalap di motornya masing-masing pada setiap balapan," kata Stoner.

Baca juga: Pedro Acosta Punya Kesamaan dengan Marc Marquez

Miguel Oliveira mengalami insiden kecelakaan dengan Fabio Quartararo pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit JerezDok. @88migueloliveira Miguel Oliveira mengalami insiden kecelakaan dengan Fabio Quartararo pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez

Musim ini tercatat tidak ada satu seri pun di mana pebalap MotoGP berjumlah lengkap. Setiap serinya selalu ada yang cedera dan absen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com